Ilustrasi.

22 Mei, Air India Express Penerbangan 812 Jatuh di Mangalore, Menewaskan 158 Orang

Publish by Redaksi on 22 May 2023

NEWS, IDenesia.id - Air India Express Flight IX-812 adalah sebuah penerbangan penumpang internasional yang dioperasikan Air India dari Bandar Udara Internasional Dubai yang jatuh pada tanggal 22 Mei 2010 sekitar pukul 06:30 (waktu setempat–UTC+5:30) setelah keluar landasan di Bandar Udara Internasional Mangalore.

Jumlah korban tewas belum diketahui, tetapi sekitar 160 orang diduga tewas, sementara sumber lain mengatakan sedikitnya 150 penumpang tewas di dalam pesawat. Kapten penerbangan, Zlatko Glusica, seorang berkebangsaaan Britania Raya asal Serbia, dan kopilot H.S. Ahluwalia (bekas karyawan Jet Airways yang bergabung dengan Air India bulan April 2009), diduga tewas. Laporan mengatakan bahwa enam orang selamat.

Sebagian besar badan pesawat, sebuah Boeing 737-800, dikatakan telah "terbakar habis". Banyak jasad ditemukan di dalam pesawat, masih mengenakan sabuk pengaman. Ini merupakan kecelakaan udara besar pertama di India setelah sebuah Boeing 737 Alliance Air jatuh di Patna bulan Juli 2000.

Secara statistis, kecelakaan ini merupakan kecelakaan pesawat besar ketiga dalam sejarah penerbangan dunia dalam kurang dari dua bulan. Ini merupakan kecelakaan fatal ke-5 yang terjadi pada pesawat seri B737-800/900.

Cuaca normal untuk pendaratan dengan jarak pandang pendekatan 6 km, cukup bagi sebuah bandara untuk beroperasi. Rekaman memperlihatkan pesawat langsung terbakar setelah kecelakaan. Diduga pesawat meledak dan terbakar. Menurut rekaman televisi, pesawat berbaring di atas perut pesawat dan asap membubung ke udara. Setelah mendarat, pesawat gagal mengerem dan terus berjalan ke jurang.

Tidak ada indikasi maupun sinyal bahwa ada tanda-tanda kegagalan pada pesawat. Hujan mengguyur dan mengurangi jarak pandang ketika tim penyelamat berusaha membersihkan lokasi kejadian. Dilaporkan bahwa Umer Farooq, korban selamat dari kecelakaan ini, menjelaskan suara yang ia duga sebagai ban yang meledak ketika pesawat mendarat.

"Kemudian pesawat menabrak sejumlah pohon di samping dan kemudian kabin dipenuhi asap. Saya terperangkap oleh sejumlah kabel tetapi berhasil melepaskan diri," katanya.

Seorang penumpang selamat, Mr Stalin Mayakutti mengklaim bahwa pesawat menabrak sebuah bangunan sebelum terpecah menjadi beberapa bagian dan terbakar. Dikatakan bahwa pesawat menabrak antena pemancar ketika berusaha terbang putar. Kejadian ini merobek bagian bawah badan pesawat dan delapan orang terlempar keluar pesawat. Kedelapan orang ini adalah para korban selamat, semua orang di pesawat yang jatuh itu tewas.

Sumber ATC mengatakan tidak ada sinyal kegagalan pada pesawat dari pilot. Seluruh wilayah di sekitar desa Kenjar dekat situs kecelakaan dan pesawat diberi garis pembatas. Sumber di Air India mengatakan pada CNN-IBN bahwa panjang landasan dapat dikatakan pendek tetapi sebab kecelakaan harus dipastikan dan faktor cuaca tak dapat dihubungkan. Sementara itu, Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil telah meminta penjelasan atas kecelakaan ini.

Rute Mangalore-Dubai adalah rute dengan kepadatan yang tinggi. Bandara ini terletak di Bapje, yang terletak 30 km dari Mangalore, terletak di daerah berbukit dan dianggap sebagai salah satu bandara tersulit untuk lepas landas dan mendarat. Wilayah ini juga telah mengalami hujan lebat selama dua hari terakhir karena Siklon Laila.

Dilaporkan bahwa kapten penerbangan, Z Glusia adalah seorang kebangsaan Britania dari Serbia dengan 10.000 jam terbang, dan hampir 7.500 jam pengalaman memimpin penerbangan. Kedua pilot ditempatkan di Mangalore.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross