PLN UID Sulselrabar melakukan pengecekan kelistrikan demi memastikan pasokan listrik aman jelang Pemilu 2024. (Foto: Humas PLN UID Sulselrabar).

2,755 Personel PLN Siaga Kelistrikan Demi Sukseskan Pemilu 2024 di Sulsel

Publish by Redaksi on 12 February 2024

NEWS, IDenesia.id - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (Sulselrabar) jauh-jauh hari melakukan persiapan untuk memastikan pasokan distribusi listrik aman jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Sebanyak 2,755 personel PLN yang tersebar di 136 posko siaga PLN pun dikerahkan.

"PLN menyiagakan 2.755 personel yang tersebar dalam 136 posko siaga PLN. Kami berkomitmen untuk menghadirkan pasokan distribusi listrik yang andal agar pesta demokrasi tersebut dapat berjalan lancar tanpa adanya gangguan listrik,”  kata General Manager PLN UID Sulselrabar, Moch. Andy Adchaminoerdin dalam rilis yang diterima IDenesia.id, Senin, 12 Februari 2024. 

Andy Adchaminoerdin menegaskan demi sistem kelistrikan di Sulsel selama masa siaga Pemilu dari 11 hingga 18 Februari 2024 aman. PLN akan menyediakan 20 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di 12 lokasi di Sulsel.

“Selain itu untuk kenyamanan pengguna mobil listrik kami juga menyiapkan 20 SPKLU di 12 lokasi tersebar," ungkapnya.

Dia juga menegaskan, selain menyiagakan personil, PLN juga menyiapkan 141 unit genset, 86 Unit Gardu Bergerak (UGB) dan 28 unit Uninterruptible Power Supply (UPS). Hal Ini guna memastikan keandalan pasokan distribusi listrik di 50 Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan 169 Kantor Pemda, TNI/POLRI dan dinas terkait dalam wilayah kerja PLN UID Sulselrabar aman. "Kami juga telah menyiapkan skenario dan standard operating procedure sebagai back up pasokan listrik," tegasnya.

Di sisi pasokan pembangkit di Sistem Kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan (Sumbagsel) lanjut Andy, Daya Mampu Pasok (DMP) sebesar 2.054,6 Mega Watt (MW), Beban Puncak (BP) adalah 1.650 MW dengan cadangan daya sebesar 404,6 MW. 

"Kami juga mengimbau apabila ada potensi gangguan seperti pohon yang mulai mendekati jaringan, masyarakat dapat melaporkan melalui aplikasi PLN Mobile," tutup Andy.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross