Pj Gubernur Sulsel di HUT ke-64 Kabupaten Pinrang (Foto: Humas Pemprov Sulsel).

Ini 3 Sektor Prioritas Bakal Jadi Pengembangan di HUT ke-64 Kabupaten Pinrang

Publish by Redaksi on 19 February 2024

NEWS, IDenesia.id - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin bersama Pj Ketua TP PKK Sulsel Sofha Marwah Bahtiar ikut memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pinrang yang ke-64. Dalam kesempatan tersebut, Bahtiar menegaskan tiga sektor utama yang akan menjadi fokus pengembangan di hari jadi Pinrang, yaitu pertanian, perikanan, dan peternakan.

"Prioritas utama kita adalah mendukung petani, peternak, dan nelayan kita. Bagaimana kita mengelola sektor-sektor ini akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan," kata Bahtiar dalam rilis yang diterima IDenesia.id pada Senin, 19 Februari 2024.

Bahtiar mengatakan perlunya kolaborasi antara pemerintah dan para pemangku kepentingan untuk mendukung peningkatan pendapatan masyarakat. Khususnya petani, nelayan, dan peternak melalui layanan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disediakan perbankan. 

“Kita harus membantu masyarakat, khususnya petani, nelayan, dan peternak, untuk meningkatkan pendapatannya. Termasuk perbankan, melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR),” ujarnya. 

Bahtiar menekankan pentingnya pemanfaatan lahan yang luas di Sulsel untuk kegiatan pertanian, perkebunan, dan usaha lainnya. Dia juga mengajak masyarakat untuk mengubah lahan yang kurang produktif menjadi sumber daya yang menguntungkan.

"Tidak ada gunanya kita dikasi lahan yang luas kalau kita tidak perbaiki produksi kita. Harus kita ajari masyarakat kita cari uang yang efisien dan tepat dengan cara-cara yang luar biasa," terangnya. 

Apalagi saat ini, kata Bahtiar, lima perbankan mendukung penuh para petani, peternakan, petambak, nelayan, dan seluruh UMKM dari sektor permodalan lewat Kredit Usaha Rakyat (KUR) tanpa jaminan, baik mikro maupun makro. 

"Tahun 2023 lalu KUR kita Rp15,6 triliun. InsyaAllah KUR 2024 Rp30 triliun. Kalau Rp30 triliun ini kita bantu UMKM, bisa kita sejahterakan masyarakat kita,” ajak Bahtiar.

 Saya minta Pemerintah Kabupaten Pinrang, Kepala Dinas, Camat, silaturahmi dengan Bank Sulselbar, BRI, Mandiri, BNI dan BSI untuk mensejahterakan masyarakat kita di Kabupaten Pinrang," tutupnya.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross