Seseorang Wanita Berkabung Para Korban Festival Halloween, di Seoul, Korea Selatan, 31 Oktober 2022. (Foto : REUTERS/Heo Ran).

Tim Penyelidik Korea Selatan Mulai Memeriksa Sejumlah Rekaman CCTV Tragaedi Halloween Di Itaewon

Publish by Redaksi on 1 November 2022

NEWS, IDenesia.id – Hari Senin kemarin, tim penyelidik Korea Selatan mulai menyisir sejumlah rekaman cctv yang jumlahnya lebih dari 50 kamera TV sirkuitbaik milik pemerintah dan wasta serta dari media sosial untuk mencari jawaban tentang bagaimana lonjakan pengunjung pesta Halloween bisa terjadi sehingga pengunjung terperangkap di gang-gang sempit yang akhinya menelan banyak korban jiwa.

Korea Selatan menyatakan selama sepekan ini sebagai masa berkabung, dimana jumlah korban tewas terus bertambah menjadi 154 sementara sebanyak 149 orang lainnya mengalami luka-luka, 33 di antaranya dalam kondisi serius. Sedikitnya ada 26 warga negara asing yang berasal dari 14 negara yang turut menjadi korban tewas.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol menyerukan untuk melakuak penyelidikan yang  menyeluruh, dan pihak berwenang mengatakan mereka fokus pada rekonstruksi menjelang lonjakan dan melihat apakah ada orang yang mungkin bertanggung jawab untuk memicu tragedi paling mematikan di Koresa Selatan itu.

"Kami sedang menganalisis CCTV untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan itu," kata kepala penyelidik polisi Nam Gu-jun kepada wartawan.

"Kami akan terus memeriksa lebih banyak saksi, termasuk karyawan toko terdekat," tambahnya.

Puluhan ribu orang yang bersuka ria pada perayaan Halloweeen tersebut, banyak diantara mereka yang berusia remaja dengan rentang usia dua puluhan dan mengenakan kostum bertema Halloween, memadati jalan-jalan sempit dan gang-gang distrik Itaewon yang populer pada hari Sabtu untuk perayaan Halloween pertama untuk pertama kali setelah hampir tiga tahun tidak terlaksana akibat masa pandemi COVID-19.

Kekacauan mulai terjadi ketika orang-orang berduyun-duyun dating ke salah satu gang yang sangat sempit dan miring, bahkan setelah itu sudah penuh sesak, kata saksi mata.

Perdana Menteri Han Duck-soo, yang memimpin tim satuan tugas yang menangani kecelakaan itu, mengatakan identifikasi para korban hampir selesai dan persiapan pemakaman dapat dilanjutkan, serta memberi dukungan bagi keluarga yang kerabatnya menjadi korban dalam tragedi ini.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross