Dukung Smart City, 350 Personel Dishub Dikerahkan Atasi Macet di Makassar

Publish by IDenesia on 18 July 2024

NEWS, IDenesia.id - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar mengadopsi konsep Smart City dalam upaya meningkatkan sistem manajemen lalu lintas. Sebanyak 350 personel ditugaskan di 106 titik untuk menertibkan lalu lintas pada pagi dan sore hari.

Langkah ini sejalan dengan visi Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, untuk menjadikan Makassar sebagai Kota 'Sombere' dan Smart City, serta mendukung misi mengatasi kemacetan di kota Makassar.

"Dishub Makassar juga bersinergi dengan Satlantas Polda Sulsel, Satlantas Polrestabes Makassar, dan Satlantas Polres Pelabuhan dalam upaya penataan lalu lintas," ujar Kepala Dishub Kota Makassar, Zainal Ibrahim, seperti dilansir IDenesia dari laman Pemkot Makassar, Kamis, 18 Juli 2024.

Zainal menjelaskan, Dishub Makassar turut mendukung penguatan Smart City dengan menghadirkan ruang kontrol atau 'War Room' sebagai pusat komando untuk memantau dan mengelola lalu lintas secara efektif.

"War Room berperan sebagai pusat komando, di mana operator dan manajer berkumpul untuk memantau dan mengelola lalu lintas secara real-time. Ini juga merupakan tempat koordinasi dengan Satlantas, petugas keamanan, dan penyedia layanan darurat lainnya," jelasnya.

Dia mengungkapkan, War Room ini telah menerapkan Advanced Traffic Control System (ATCS), sebuah sistem kontrol lalu lintas canggih yang membantu pengaturan aliran lalu lintas.

"Meskipun memiliki fungsi berbeda, keduanya bekerja bersama untuk mencapai tujuan yang sama, yaitu mengelola lalu lintas dengan lebih efektif, mengurangi kemacetan, dan memperkuat Smart City Makassar," tambah Zainal.

Selain itu, Dishub Makassar secara rutin memelihara infrastruktur jalan seperti lampu lalu lintas, marka jalan, dan rambu-rambu untuk memastikan kondisi lalu lintas tetap terjaga dengan baik.

Zainal juga menekankan pentingnya edukasi berlalu lintas, terutama di kalangan pelajar.

"Kami aktif memberikan edukasi yang diharapkan dapat membentuk kesadaran masyarakat, terutama generasi muda, akan pentingnya keselamatan berlalu lintas dan kedisiplinan dalam bertransportasi," pungkasnya.

Dengan berbagai upaya ini, Zainal berharap Makassar dapat menjadi Smart City dengan lalu lintas yang tertib dan aman bagi masyarakatnya.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross