Ilustrasi Nonton TV Digital Dengan Set Top Box (Foto : Unsplash).

Viral Video Set Top Box (STB) Meledak, Ini Klarifikasi Kominfo

Publish by Redaksi on 16 December 2022

NEWS, IDenesia.id - Terkait soal set top box (STB) yang dikabarkan meledak dan hampir menghanguskan seluruh isi rumah, hal itu jadi viral lewat unggahan video di TikTok. Hal ini juga yang menimbulkan keresahan bagi para pengguna STB lainnya.

Dilansir dari Sindonews pada Kamis (15/12), dari informasi video yang diunggah oleh akun @jangjilong pada Senin (12/12), si pemilik rumah menjelaskan bahwa ledakan akibat STB yang kepanasan sehingga membuat seisi rumah hangus berantakan. Saat kejadian rumah dalam keadaan kosong karena sang pemilik sedang pergi.

Pemilik rumah menduga, penyebab meledaknya STB dikarenakan tidak mencabut STB sehingga kepanasan dan meledak. Selain itu, pemilik juga menyebutkan bahwa pada STB tidak terdapat tombol on/off untuk mematikan saat sudah tidak dipakai.

Diketahui, video berdurasi 48 detik tersebut, cukup menarik perhatian pengguna lainnya hingga 4,6 Juta kali ditonton, dan mendapatkan berbagai komentar terkait kejadian tersebut.

“Jadi takut atuuh nya pasang set top box,” kata @ripal1321

“Masa STB meledak ruangannya hancur kaya kena ledakan tabung gas sie bang,” cuit akun Tiktok, @Meo.

Ada juga respon netizen lain yang juga tak kalah heran.

"Saya sudah pakai sejak 2010, tapi belum pernah tahu ada kejadian meledak," tulis akun @kopihitam.

Sementara dikutip dari Okezone (14/12), berita set top box meledak sendiri sebelumnya juga pernah ramai beberapa waktu lalu. Kala itu dikabarkan bahwa ada tiga orang yang meninggal dunia karena kejadian STB meledak di daerah Cikande, Tangerang.

Banyak sumber termasuk Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui laman resminya  sudah menyatakan bahwa berita tersebut hoaks. Dikatakan bahwa video yang viral itu dicomot dari peristiwa lain, yakni rumah usaha laundry yang terbakar.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross