Salah satu makanan khas Korea yakni ramyeon atau ramyun viral dan populer di Indonesia. Selain karena rasanya yang enak, ramyun digemari oleh masyarakat Indonesia karena kerap muncul di drama Korea atau Drakor.

Ramyeon Mie Khas Korea Menjadi Dikenal Banyak Orang Lewat Drama Korea

Publish by Redaksi on 4 March 2023

NEWS, IDenesia.id - Salah satu makanan khas Korea yakni ramyeon atau ramyun viral dan populer di Indonesia. Selain karena rasanya yang enak, ramyun digemari oleh masyarakat Indonesia karena kerap muncul di drama Korea atau Drakor.

Seperti yang sudah diketahui, Drakor menjadi tontonan yang digemari masyarakat Indonesia khususnya anak-anak muda. Ini  asal mula masuknya ramyeon ke Korea? Dilansir dari Koreaetour, Sabtu, 4 Maret 2023, Lamian China diperkenalkan ke Jepang pada akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20 oleh para imigran China.

Ramyun adalah hidangan mi kuah ala Korea. Ramyun dapat dibuat dari mi basah atau mi instan. Beberapa merek ramyun instan selain dikonsumsi di Korea Selatan, ada juga yang diekspor ke luar negeri, seperti ke Tiongkok, Hong Kong, Makau, Jepang, dan Indonesia.

Ramyun Korea umumnya bercita rasa pedas. Di Korea Selatan, merek yang menguasai pasar adalah Shin Ramyun. Itu kemudian dimodifikasi menjadi apa yang sekarang disebut Ramen di Jepang.  Kata Ramen berasal dari bahasa China Lamian, yang secara harfiah berarti mie regang.

Setelah Perang Dunia Kedua, jumlah impor gandum murah meningkat, yang membantu penyebaran budaya Ramen.  Ramen masuk ke Korea pada awal 1960-an dan kemudian menjadi Ramyeon, berbeda dari Ramen.

Ada perbedaan antara Ramen dan Ramyeon.  Ramen Jepang memiliki rasa yang lebih halus sedangkan Ramyeon Korea penuh dengan rasa dan umumnya lebih pedas. Ramyeon dengan cepat menjadi makanan populer di kalangan orang Korea terutama karena ekonomi sedang tumbuh dan orang-orang menuntut makanan yang cepat dan mudah dibuat.

Pengakuan global Ramyeon Korea telah meningkat dengan bantuan drama Korea populer karena karakter utama yanh makan Ramyeon sering muncul dalam drama.  Selain itu, Ramyeon Rasa Ayam Pedas atau Hot Chicken Flavored Ramyeon menjadi hit global karena kepedasannya yang terkenal sejak dirilis. Sebagai informasi, Nongshim baru saja mengeluarkan Shin Ramyun Stir Fry, varian Ramyun tanpa kuah dengan rasa pedas dan gurih. Saat ini, produk tersebut sudah dapat ditemukan di toko-toko mini market.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross