Stadion Mattoanging Tak Kunjung Dibangun, Syamsuddin Umar Ingatkan Kewajiban Pemerintah.

Stadion Mattoanging Tak Kunjung Dibangun, Syamsuddin Umar Ingatkan Kewajiban Pemerintah

Publish by Redaksi on 12 March 2023

NEWS, IDenesia.id - PSM Makassar serasa berjuang sendiri mengharumkan nama Sulawesi Selatan (Sulsel) di kancah persepakbolaan Tanah Air. PSM Makassar jadi tim favorit juara Liga 1 2022-2023. Pimpin klasemen dengan 65 poin.

Namun, perjuangan PSM Makassar kurang mendapatkan dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel maupun Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Markas Laskar Pinisi, Stadion Mattoanging, Makassar yang telah dirobohkan sejak 2020 tak kunjung dibangun.

Terpaksa Willem Jan Pluim cs harus terusir dari Makassar, kini bermarkas di Parepare, Stadion BJ Habibie. Setiap kali bertanding di stadion berkapasitas 20 ribu penonton tersebut, para penggawa PSM Makassar harus menempuh jarak 155 kilometer dengan durasi 3 jam perjalanan darat.

Untuk latihan harus menumpang di kabupaten tetangga, Kabupaten Gowa. Pengamat sepak bola, Syamsuddin Umar dengan prestasi diraih PSM Makassar saat ini, pemerintah harusnya sadar untuk bangun sarana dan prasarana olahraga.

Sebab, pemerintah memiliki kewajiban menyediakan sarana dan prasarana olahraga dalam meningkatkan prestasi cabang olahraga berdasarkan peraturan perundang-undangan.

"Ada Inpres 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional. Salah satu dipersiapkan adalah sarana dan prasarana," terangnya.

Dalam Inpres tersebut tidak disinggung PSSI, artinya tugas sarana dan prasarana diberikan kepada pemerintah.

"Di Indonesia tidak ada klub yang punya stadion sendiri, semua stadion pemerintah. Pemerintah harus hadir, tapi jangan masuk di organisasi," ungkapnya.

"Sudah kewajiban pemerintah menyiapkan sarana dan prasarana sesuai yang tertuang di peraturan perundang-undangan," tegas mantan Kepada Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel ini.

Syamsuddin Umar menyebut, pemerintah yang ada di Sulsel harus menyadari bahwa sepak bola, apalagi PSM Makassar adalah simbol harga diri masyarakat Sulsel. Itu merupakan kebanggaan dan siri na pacce masyarakat Sulsel.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross