18 Maret yang diperingati sebagai Hari Tidur Sedunia, pertama kali diselenggarakan pada tahun 2008. Ini merupakan gerakan global untuk meningkatkan kesadaran dan membantu mereka yang memiliki gangguan tidur.

Lebih Dari 70 Juta Orang Di Dunia Mengalami Gangguan Tidur, Maka 18 Maret Dipilih Untuk Memperingati Sebagai Hari Tidur Sedunia

Publish by Redaksi on 18 March 2023

NEWS, IDenesia.id – 18 Maret yang diperingati sebagai Hari Tidur Sedunia, pertama kali diselenggarakan pada tahun 2008. Ini merupakan gerakan global untuk meningkatkan kesadaran dan membantu mereka yang memiliki gangguan tidur.

Hari Tidur Sedunia berfokus pada berbagai masalah yang berkaitan dengan tidur, obat tidur, pendidikan tentang tidur, dan efek sosial yang dapat ditimbulkan oleh kurang tidur dalam kehidupan sehari-hari. Dari ringan hingga berat, kesulitan tidur adalah masalah modern yang mungkin dapat dialami lebih banyak orang jika tidak dikendalikan dengan baik.

Menurut American Sleep Association, lebih dari 50 hingga 70 juta orang memiliki beberapa jenis gangguan tidur, lebih dari 25 juta mengalami sleep apnea dan insomnia, yaitu gangguan tidur yang paling sering dilaporkan.

Diselenggarakan oleh Komite Hari Tidur Sedunia dari World Sleep Society, Hari Tidur Sedunia bertujuan untuk memberikan ruang bagi masyarakat untuk berdiskusi dengan penyedia layanan kesehatan, tentang masalah tidur, cara mengatasi gangguan tidur, hingga cara mencegah gangguan tidur.

World Sleep Society juga bekerja dengan berbagai organisasi berita untuk membantu menyebarkan informasi tentang pentingnya tidur dan berbagai efeknya dalam kehidupan sehari-hari. Ini tidak lain untuk mendukung peningkatan kesadaran masyarakat tentang masalah kesehatan yang berkaitan dengan tidur.

Tidur merupakan salah satu kebutuhan tubuh yang perlu dipenuhi. Mendapatkan tidur yang cukup, dapat membantu tubuh rileks dan beristirahat setelah beraktivitas seharian. Selain itu, tidur juga membantu Anda mendapatkan kembali energi secara penuh untuk melakukan kegiatan di keesokan harinya.

Lebih dari itu, memiliki pola tidur yang cukup dan teratur membantu daya tahan tubuh tetap kuat dan bugar. Dengan begitu, Anda tidak mudah sakit sebab sistem imun dapat bekerja dengan baik melawan berbagai hal yang dapat memicu penyakit. Tak heran, jika tidur menjadi hal penting yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

Organisasi dunia pun menetapkan hari khusus untuk memperingati Hari Tidur Sedunia, yaitu setiap tanggal 18 Maret. Peringatan ini tentu saja dibuat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mencukupi kebutuhan tidur sehari-hari. Bukan hanya itu, peringatan ini juga ingin mengajak masyarakat untuk mewaspadai berbagai risiko gangguan tidur yang bisa terjadi pada siapa saja.

Dengan peringatan ini, Anda bisa mengevaluasi kebiasaan tidur yang selama ini dilakukan. Apakah Anda sudah mendapatkan durasi tidur yang cukup, apakah tidur Anda berkualitas, hingga sudahkah Anda menerapkan sleep hygiene atau kebiasaan tidur yang bersih.

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross