Kongsi Dagang atau Perusahaan Hindia Timur Belanda, secara resmi bernama Persatuan Perusahaan Hindia Timur, Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) didirikan pada 20 Maret 1602.

Sejarah Hari Ini, 20 Maret; Latar Belakang Didirikannya VOC

Publish by Redaksi on 20 March 2023

NEWS, IDenesia.id - Kongsi Dagang atau Perusahaan Hindia Timur Belanda, secara resmi bernama Persatuan Perusahaan Hindia Timur, Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) didirikan pada 20 Maret 1602.

VOC adalah persekutuan dagang asal Belanda yang memiliki monopoli untuk aktivitas perdagangan di Asia. Disebut Hindia Timur karena ada pula Geoctroyeerde Westindische Compagnie yang merupakan persekutuan dagang untuk kawasan Hindia Barat.

Perusahaan ini dianggap sebagai perusahaan multinasional pertama di dunia sekaligus merupakan perusahaan pertama yang mengeluarkan sistem pembagian saham.

Sejarah berdirinya VOC pernah disinggung Femme Simon Gaastra dalam sebuah karyanya yang diinventarisasikan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada laman resmi anri.go.id. seiring   diterbitkannya oktroi VOC, atau legalitas semacam hak paten dengan sejumlah keistimewaan yang diberikan Pemerintah Belanda kepada VOC.

Oktroi VOC terbentuk pada tahun 1602 dari penggabungan enam perusahaan kecil yang sebelumnya telah beroperasi. Dengan kata lain, sejarah singkat VOC berakar dari adanya enam perusahaan tersebut.

Oktroi VOC yang terbit tertanggal 20 Maret 1602 memiliki nama resmi Generale Vereenichde Geoctroyeerde Compagnie. Itulah nama resmi VOC. Dalam Bahasa Indonesia, nama VOC adalah Perusahaan Hindia Timur Belanda, atau secara resmi bernama Persatuan Perusahaan Hindia Timur.

Seiring berjalannya waktu, perusahaan-perusahaan ini bersaing begitu sengit, yang mengakibatkan persentase laba menurun terus. Berkurangnya keuntungan ini membuat jera para penanam modal dan mengancam kelanjutan pelayaran menuju Asia. Para pemimpin perusahaan-perusahaan tersebut tentunya bukan tidak menyadari perkembangan ini.

Dalam waktu singkat terbentuk kerja sama di tingkat lokal. Pada tahun 1600 kompeni-kompeni yang berbasiskan Amsterdam melebur menjadi satu Geünieerde Amsterdamse Oostindische Compagnie (Kongsi Dagang Hindia Timur Serikat Amsterdam), yang kemudian oleh para walikota Amsterdam diberi hak monopoli untuk berlayar dari Amsterdam menuju Asia.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross