Ditemukannya Galaksi Messier 64 Alias Mata Hitam Pada 23 Maret 1779 (Foto: astroimages.de).

Ditemukannya Galaksi Messier 64 Alias Mata Hitam Pada 23 Maret 1779

Publish by Redaksi on 23 March 2023

NEWS, IDenesia.id - Edward Pigott menemukan Galaksi Messier 64, M64, NGC 4826, alias Galaksi Mata Hitam, pada 23 Maret tahun 1779, Kemudian di tahun yang sama pada tanggal 4 Apil, Johann Elert Bode juga menemukan Galaksi Mata Hitam dan dilanjutkan oleh penemuan Charles Messier pada tahun 1780.

Galaksi ini mempunyai sebuah jalur gelap menyerap abu spektakuler di depan inti cerah galaksi, sehingga menimbulkan julukan "Mata Hitam" atau "Mata Setan". M64 terkenal di kalangan astronom amatir karena penampilannya di teleskop kecil. Ini yaitu galaksi spiral di rasi bintang Coma Berenices.

Pada pandangan pertama, M64 rupa-rupanya diproduksi menjadi sebuah galaksi spiral yang cukup normal. Seperti di beberapa mulia galaksi, semua bintang di M64 yang mengorbit dalam arah yang sama, searah jarum jam seperti yang terlihat pada gambar Hubble.

Namun, studi baru-baru ini telah rinci menyebabkan penemuan luar biasa bahwa gas antarbintang di kawasan luar M64 berputar dalam arah yang berlawanan dari gas dan bintang di kawasan anggota dalam.

Wilayah anggota dalam mempunyai radius hanya sekitar 3.000 tahun cahaya, sedangkan anggota luar bertambah luas lagi 40.000 tahun cahaya. Pola ini diyakini memicu penciptaan bintang baru di sekitar batas yang memisahkan dua wilayah.

Sebuah tabrakan dua galaksi telah meninggalkan sistem bintang merger dengan penampilan yang tidak biasa serta aksi internal yang ajaib. Para astronom percaya bahwa gas malah berputar muncul ketika M64 menyerap galaksi satelit yang bertabrakan dengan itu, mungkin semakin dari satu miliar tahun yang lalu. Pembentukan giat dari bintang baru terjadi di wilayah geser di mana gas malah berputar berbenturan, yang dikompresi, dan janji.

Terutama terlihat dalam gambar panas, bintang muda biru yang baru saja terbentuk, bersama dengan awan gas hidrogen merah muda bercahaya yang berpendar bila terkena sinar ultraviolet dari bintang-bintang baru terbentuk. Ini yaitu sekitar 17 juta tahun cahaya dari Bumi.

Galaksi kecil yang menabrak pada tetangganya sekarang telah nyaris sepenuhnya hancur, sedangkan bintang yang telah sepatutnya memasuki galaksi utama atau tersebar ke ruang intergalaksi, tapi tanda-tanda dari tumbukan bertahan dalam aksi mundur gas di tepi luar dari M64.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross