Angkatan Darat Amerika Serikat mendakwa 14 perwiranya karena telah menyembunyikan informasi yang berkaitan dengan insiden Pembantaian My Lai Vietnam.

Sejarah Hari Ini, 29 Maret; Letnan Amerika Serikat William Calley Dipidana Atas Pembantaian My Lai

Publish by Redaksi on 29 March 2023

NEWS, IDenesia.id - Angkatan Darat Amerika Serikat mendakwa 14 perwiranya karena telah menyembunyikan informasi yang berkaitan dengan insiden Pembantaian My Lai. Kebanyakan dari dakwaan ini kemudian dibatalkan.

Letnan A.D. William Calley dinyatakan bersalah pada 29 Maret 1971 karena telah melakukan pembunuhan terencana dengan memerintahkan penembakan.

Calley mengklaim bahwa ia cuma mengikuti perintah dari kaptennya, Ernest Medina. Medina menyangkal bahwa ia telah memberikan perintah itu, dan dibebaskan dalam peradilan yang terpisah.

Calley pun menjalani tahanan rumah selama 3 setengah tahun di markasnya di Fort Benning, Georgia, dan kemudian diperintahkan bebas oleh seorang hakim federal.

Pembantaian My Lai sendiri merupakan pembantaian yang dilakukan oleh tentara Amerika Serikat terhadap ratusan warga sipil Vietnam yang tidak bersenjata. Kebanyakan yang dibantai yakni, perempuan dan anak-anak, pada 16 Maret 1968, pada saat Perang Vietnam.

Pembantaian ini menjadi lambang kejahatan perang Amerika di Vietnam, dan segera membangkitkan kemarahan di seluruh dunia serta mengurangi dukungan masyarakat di dalam negeri terhadap perang itu sendiri.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross