Tanggal 1 April setiap tahunnya dirayakan sebagai April Fools Day atau bisa kita kenal dengan April Mop.

Ternyata Begini Asal Usul April Mop Yang Sering Diperingati Pada 1 April

Publish by Redaksi on 1 April 2023

NEWS, IDenesia.id - Tanggal 1 April setiap tahunnya dirayakan sebagai April Fools Day atau bisa kita kenal dengan April Mop. Sebuah hari di mana lelucon dan tipuan secara sengaja dilakukan bersamaan oleh banyak orang kepada orang lain tanpa dianggap bersalah.

Pada perayaan April Mop, orang seakan diperbolehkan berbohong atau melontarkan lelucon kepada orang lain tanpa perlu merasa bersalah. Setelah itu biasanya orang-orang akan berteriak 'April Mop!' untuk menegaskan apa yang mereka sampaikan hanya untuk merayakan momen tersebut.

Lelucon April Mop sudah terjadi di banyak negara, termasuk Indonesia. Ada beberapa versi sejarah yang mencoba menjelaskan awal mula terjadinya momen April Mop di tengah masyarakat.

Dilansir situs History, sebenarnya sejarah pasti soal asal-usul April Mop ini masih misteri. Namun perayaan ini terus-menerus eksis hingga saat ini.

Sejumlah sejarawan memberikan beberapa spekulasi mereka soal asal-usul April Mop. Asal-usul April Mop merujuk pada tahun 1582, ketika ketika Perancis beralih dari kalender Julian ke kalender Gregorian, seperti yang disebut oleh Dewan Trent pada tahun 1563.

Sementara Menurut para ahli di Museum of Hoaxes, teori populer mengenai asal-usul April Mop melibatkan adanya reformasi kalender Perancis abad ke-16 yang dimulai pada tahun 1582, ketika Perancis beralih menggunakan kalender Gregorian dari kalender sebelumnya, Julian, sebagaimana diminta oleh Dewan Trent pada tahun 1563.

Pada kalender baru, perayaan tahun baru yang sebelumnya dirayakan pada setiap 1 April berubah menjadi 1 Januari. Namun, tidak semua orang dapat menerima perubahan kalender ini. Masih banyak orang-orang yang tetap merayakan tahun baru pada tanggal 1 April.

Akibatnya, kelompok modern - yang merayakan tahun baru pada 1 Januari - mulai mengolok-olok mereka yang masih mempercayai 1 April sebagai tahun baru.

Kelompok orang-orang modern ini mencoba mengelabui kelompok tradisional agar percaya dengan apapun yang mereka katakan, meski itu tidak benar. Hingga akhirnya praktik ini mulai menyebar ke seluruh Eropa

Orang-orang ini disebut dengan poisson d'avril (ikan di bulan April) yang berarti lambang ikan yang mudah ditangkap dalam arti orang tersebut mudah tertipu. Ada juga sejarah yang mengatakan bahwa April Mop berawal dari salah satu acara berita di Inggris yang mengumumkan bahwa akan ada panen spaghetti di Swiss.

kabar tersebut disampaikan oleh jurnalis dan penyiar Richard Dimbleby pada 1 April 1957. Para penonton pun menyambut berita tersebut dengan antusias. Walaupun sebenarnya hal itu merupakan bagian dari April Mop.

Para sejarawan juga ada yang mengaitkan April Mop dengan festival Hilaria yang dirayakan di Roma kuno pada akhir Maret dan melibatkan orang-orang yang berdandan sebagai penyamaran.

Sebenarnya, tidak ada alasan khusus untuk merayakan April Mop ini, tetapi pada perayaan tersebut akan selalu ada orang-orang bermunculan dengan banyak lelucon yang dibuat, seperti di Brazil yang menyebutnya dengan perayaan "Dia de Mentira" atau hari kebohongan. Meskipun April Mop sudah dilakukan selama berabad-abad, asal usul aslinya tidak ada yang mengetahuinya secara pasti.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross