Para pemain Amerika Serikat merayakan dengan trofi setelah menjuarai Piala Dunia Wanita 2019 di Prancis (Foto: AFP/Christophe Simon).

FIFA Memprediksi Piala Dunia Wanita 2023 Akan Menjadi Momen 'Penting'

Publish by Redaksi on 14 April 2023

NEWS, IDenesia.id - FIFA telah memprediksi Piala Dunia wanita di Australia dan Selandia Baru akan menjadi momen "titik balik" yang mendorong permainan ke tingkat yang lebih tinggi, dengan target untuk menyaingi versi pria.

Sepak bola wanita telah menikmati lonjakan popularitas di beberapa negara, dan turnamen ini tampaknya akan memicu minat global lebih lanjut.

Dengan 100 hari sebelum kick-off, kepala sepak bola wanita FIFA, Sarai Bareman, mengatakan kepada NewsCorp Australia dalam komentar yang diterbitkan pada hari Selasa (11/4) bahwa lebih dari dua miliar penonton diperkirakan akan menyaksikan turnamen ini, dua kali lipat lebih banyak dari turnamen sebelumnya di Prancis, yang dimenangkan oleh Amerika Serikat.

Jumlah penonton juga diperkirakan akan mencapai rekor, dengan 650.000 tiket telah terjual. Tahap penjualan berikutnya dibuka pada hari Selasa.

Bareman mengatakan bahwa ia yakin acara ini akan menjadi titik balik utama dan pendorong perubahan sosial, menciptakan panutan bagi para gadis muda dan membantu mempromosikan kesetaraan gender.

"Orang-orang akan berkata, 'Itu adalah momen penting yang mengubah segalanya dan membawa permainan ini ke tingkat berikutnya'," katanya.

"Dan itu terjadi di setiap aspek - secara komersial, partisipasi, popularitas, dan pertumbuhan.

"Saya pikir orang-orang akan benar-benar melihat ke belakang dan memilih Piala Dunia Wanita di Australia dan Selandia Baru sebagai momen penting di mana pertumbuhan, yang sudah eksponensial, baru saja melesat ke tingkat yang lebih tinggi."

Bareman, mantan pemain internasional Samoa kelahiran Selandia Baru, mengatakan bahwa tujuan utamanya adalah mengembangkan turnamen ini untuk menyaingi turnamen pria dan membuat para pemain wanita setara dalam hal bayaran.

"Kami tahu Piala Dunia pria adalah sumber pendapatan utama bagi FIFA dan sepak bola, dan itu menghasilkan lebih dari US$5 miliar per edisi, dan itu adalah target yang jelas untuk sepak bola wanita," katanya.

"Kami ingin mencapai level itu. Piala Dunia pertama untuk pria adalah pada tahun 1930, baru 61 tahun kemudian Piala Dunia wanita pertama diperkenalkan, kami masih dalam tahap awal sebagai sebuah produk.

"Tetapi kami harus melihat apa yang terjadi di pertandingan pria sebagai inspirasi dan target, bagi saya itu harus mencapai miliaran dan kami harus terus mendorong sampai kami mencapai level itu."

"Kita harus mempertahankan garis dan memastikan bahwa demi kebaikan generasi pesepakbola wanita berikutnya, mereka diberi kesempatan yang diberikan kepada rekan-rekan pria mereka," katanya. "Kita hanya bisa melakukan itu dengan memastikan nilai komersialnya diakui.

"Bisa saja itu terjadi (beberapa negara tidak ikut serta), kami masih dalam tahap negosiasi saat ini, dan itu biasa terjadi, sering kali hal-hal seperti ini terjadi, jadi itu bukan hal yang tidak biasa."

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross