Peringatan Hari Suara internasional setiap 16 April bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga suara sebagai kebutuhan manusia dalam berkomunikasi.

Tanggal 16 April Diperingati Sebagai Hari Suara Sedunia

Publish by Redaksi on 16 April 2023

NEWS, IDenesia.id - Peringatan Hari Suara internasional setiap 16 April bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga suara sebagai kebutuhan manusia dalam berkomunikasi.

Selain itu, Hari Suara Sedunia atau World Voice Day juga dikhususkan untuk merayakan fenomena suara manusia dan meningkatkan kesadaran akan isu-isu yang memengaruhi kesehatan suara. Berikut serba-serbi peringatan Hari Suara Sedunia.

Dikutip dari situs National Today, Hari Suara Sedunia diperingati untuk membantu membawa kesadaran global akan kebutuhan untuk mencegah masalah suara, merehabilitasi suara bermasalah, melatih suara artistik, dan meneliti fungsi dan penerapan suara manusia.

Salah satu tujuan utama Hari Suara Sedunia adalah mendorong semua pemilik dan pengguna suara untuk mempelajari cara merawat suara mereka, serta cara mencari bantuan jika diperlukan, dan untuk mendukung penelitian tentang suara.

Suara manusia telah ada selama manusia itu sendiri ada. Suara manusia terdiri dari suara yang dihasilkan oleh manusia melalui saluran vokal. Beberapa tindakan yang dihasilkan dari suara, antara lain berbicara, bernyanyi, tertawa, menangis, menjerit, berteriak, dan bersenandung.

Frekuensi suara manusia memainkan peran yang sangat penting dalam produksi suara, di mana lipatan atau pita suara tertentu menjadi sumber utama suara. Mekanisme lain produksi suara manusia dari daerah tubuh yang sama biasanya melibatkan produksi "konsonan tak bersuara", bunyi klik, siulan, dan bisikan.

Mekanisme untuk menghasilkan frekuensi suara dari suara manusia dibagi menjadi paru-paru, kotak suara (pita vokal di dalam laring), dan artikulator. Artikulator adalah bagian dari saluran vokal di atas laring, yang terdiri dari lidah, langit-langit, pipi, dan bibir.

Mereka menyaring suara yang dihasilkan dari laring dan, sampai batas tertentu, dapat memperkuat atau melemahkan aliran udara laring sebagai sumber suara dengan berinteraksi dengannya. Agar persamaan produksi suara bekerja, paru-paru harus menghasilkan aliran udara dan tekanan yang cukup untuk menciptakan getaran di pita suara melalui aksi pompanya.

Lipatan vokal kemudian bekerja dengan tekanan udara dari paru-paru untuk mengembangkan denyut yang dapat didengar yang membentuk sumber suara laring. Otot-otot laring menyesuaikan panjang dan ketegangan pita suara untuk menentukan nada dan nada tertentu.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross