Peringatan Hari bumi Diperingati Setiap Tanggal 22 April.

Peringatan Hari Bumi Sedunia, Setiap Tanggal 22 April

Publish by Redaksi on 22 April 2023

NEWS, IDenesia.id - Peringatan Hari bumi yang dilakukan setiap 22 April. Peringatan hari bumi untuk pertama kalinya dilaksanakan pada 22 April 1970. Makna hari bumi mengenai perjuangan masyarakat untuk menjaga bumi. Dengan begitu akan membangkitkan kesadaran masyarakat untuk berkontribusi dalam menjaga kesehatan lingkungan dari ancaman kehancuran.

Kehidupan zaman yang semakin modern di masyarakat sering kali menimbulkan berbagai masalah. Salah satunya masalah yang berkaitan dengan lingkungan. Dalam hal ini, pola konsumsi masyarakat yang tidak dan tidak berkesadaran semakin menimbulkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan lingkungan.

Misalnya saja penggunaan kendaraan pribadi yang semakin banyak di masyarakat menyebabkan risiko polusi udara yang semakin meningkat. Belum lagi kegiatan industri yang menimbulkan kepulan asap tebal hingga limbah-limbah yang mencemari lingkungan, baik tanah atau air.

Bukan hanya itu, berbagai pola konsumsi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari seperti konsumsi makanan hingga pengolahan sampah rumah tangga yang masih buruk juga menimbulkan jejak karbon yang semakin meningkat. Berbagai hal inilah yang menjadi penyebab krisis iklim dan pemanasan global yang kian memburuk dan dikhawatirkan kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya semakin terancam.

kegiatan industri yang menyebabkan dampak polusi asap dan lumpur semakin meningkat bahkan disertai dengan konsekuensi hukum dan pemberitaan pers yang buruk saat itu. Kondisi ini menyebabkan masalah lingkungan yang kian buruk, sedangkan sebagian besar masyarakat Amerika tidak menyadari adanya krisis tersebut.

Kemudian buku karya Rachel Carson yang bertajuk Silent Spring pada tahun 1962 menjadi buku terlaris yang terjual lebih dari 500.000 eksemplar di 24 negara. Buku inilah yang membuka kesadaran masyarakat untuk lebih peduli pada kesehatan lingkungan, organisme hidup, dan hubungan yang tak terpisahkan antara polusi dan kesehatan masyarakat. Inilah yang menjadi awal dibentuknya gerakan Hari Bumi yang menjadi peringatan global hingga saat ini.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross