Hari Jazz International DIperingati Setiap Tanggal 30 April.

Hari Jazz International DIperingati Setiap Tanggal 30 April

Publish by Redaksi on 30 April 2023

NEWS, IDenesia.id - Musik merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan. Secara umum musik berfungsi sebagai media hiburan yang menyenangkan bagi masyarakat. Selain itu, musik juga digunakan dalam berbagai macam kegiatan. Seperti musik yang digunakan untuk melengkapi pertunjukan film atau drama, musik untuk media relaksasi, hingga musik sebagai media pendidikan.

30 April yang diperingati sebagai Hari Jazz Internasional dimulai ketika musik jazz berfungsi sebagai media untuk memperjuangkan hak-hak sipil bagi masyarakat. Di mana musik jazz menjadi sarana untuk melawan diskriminasi dan rasisme yang terjadi di masyarakat.

Penyanyi dan penulis lagu legenda asal Amerika, Nina Simone, mengatakan bahwa Jazz bukan hanya musik, itu adalah cara hidup, itu adalah cara hidup, cara berpikir. Dan organisasi UNESCO pun percaya bahwa musik jazz memiliki kekuatan tersendiri untuk menyampaikan pesan perdamaian dan toleransi sesama umat manusia.

Berangkat dari latar belakang tersebut, kemudian pada November 2011, UNESCO mengadakan konferensi umum yang menetapkan 30 April sebagai peringatan Hari Jazz Internasional. Peringatan ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan kebajikan jazz sebagai alat pendidikan, dan kekuatan untuk empati, dialog, dan peningkatan kerja sama di antara orang-orang.

Banyak pemerintah, organisasi masyarakat sipil, lembaga pendidikan, dan warga negara yang saat ini terlibat dalam promosi musik jazz untuk menumbuhkan apresiasi yang lebih besar, tidak hanya untuk musik tetapi juga untuk kontribusi dalam membangun masyarakat yang lebih inklusif.

Setelah mengetahui sejarah peristiwa 30 April yang ditetapkan sebagai Hari Jazz Internasional, berikutnya tak kalah penting untuk mengetahui makna pentingnya musik jazz di masyarakat. Seperti disebutkan sebelumnya, bahwa musik jazz bukan hanya sebagai media hiburan, melainkan juga sebagai sarana untuk memperjuangkan hak-hak keadilan di masyarakat.

Musik jazz juga memberikan kekuatan pada orang-orang yang mendapatkan perilaku diskriminasi dan rasisme untuk memperjuangkan kesetaraan. Bukan hanya itu, jazz juga memiliki makna dan arti penting lain yang perlu Anda ketahui, yaitu sebagai berikut:

  • Jazz meruntuhkan hambatan dan menciptakan peluang untuk saling pengertian dan toleransi sesama manusia;
  • Jazz adalah media untuk mewujudkan kebebasan berekspresi;
  • Jazz menjadi media yang dapat mengurangi ketegangan antara individu, kelompok, dan komunitas;
  • Jazz mendorong inovasi artistik, improvisasi, bentuk ekspresi baru, dan penyertaan bentuk musik tradisional ke dalam yang baru;
  • Jazz merangsang dialog antarbudaya dan memberdayakan kaum muda dari masyarakat yang terpinggirkan.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross