Militer Rusia dalam gladi bersih di jalan Tverskaya untuk parade militer Hari Kemenangan 9 Mei. (Foto : Getty Image).

Sejarah Hari Ini, 9 Mei; Rusia Merayakan Kemenangannya Atas Jerman Nazi 1945

Publish by Redaksi on 9 May 2023

NEWS, IDenesia.id – Bagi warga Rusia tanggal 9 Mei adalah sebuah hari raya yang memperingati menyerahnya Jerman Nazi kepada Uni Soviet pada akhir Perang Dunia Kedua, yang dikenal di Uni Soviet dengan sebutan Perang Patriotik Raya.

Hari raya tersebut pertama kali dirayakan di 16 republik di Uni Soviet, setelah penandatanganan dokumen kapitulasi pada 8 Mei 1945 malam atau setelah tengah malam, pada 9 Mei Waktu Moskwa.

Di Jerman Timur, 8 Mei dirayakan dengan sebutan "Hari Pembebasan" dari 1950 sampai 1966, dan dirayakan kembali saat peringatan ke-40 pada 1985. Pada 1975, "Hari Kemenangan" bergaya Soviet dirayakan pada 9 Mei.

Sejak 2002, negara bagian Jerman Mecklenburg-Vorpommern merayakan sebuah hari peringatan yang dikenal dengan sebutan "Hari Pembebasan dari Sosialisme Nasional, dan Akhir Perang Dunia Kedua".

Pemerintah Soviet mengumumkan kemenangan tersebut pada awal 9 Mei setelah acara penandatanganan di Berlin. Meskipun perayaan resminya diadakan pada 1945, hari raya tersebut menjadi satu-satunya hari non-buruh pada 1965 dan satu-satunya di republik-republik Soviet.

Di bawah Vladimir PUtin, Hari Kemenangan telah menjadi ajang unjuk kekuatan pasukan dan militer dan juga mengenang pengorbanan pada Perang Dunia II. Sebanyak 27 juta warga Soviet meninggal, korban terbesar di dunia, peristiwa yang disebut Rusia, Prang Patriotik Besar.

Tahun ini, peristiwa ini memiliki arti tersendiri. Bukan membebaskan Eropa namun Rusia mengibarkan perang berbulan-bulan terhadap negara tetangga Ukraina dan tak memiliki bukti nyata kemenangan militer yang dapat dirayakan.

Sehingga pada tanggal 9 Mei merupakan hari libur nasional yang lain dari yang lain, memiliki arti tersendiri bagi banyak keluarga tapi juga kesempatan besar untuk propaganda negara.

Perang Dunia Kedua adalah konflik bersenjata terbesar di dunia hingga saat ini. Peristiwa itu dimulai dengan invasi ke Polandia pada September 1939 (meski ini bukan tanggal yang diperingati Rusia) dan berakhir pada tahun 1945. Puluhan juta orang tewas; jutaan lainnya mengungsi dari rumah mereka ke seluruh dunia.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross