Hari Burung Migrasi Sedunia yang diperingati pada 14 Mei, dimulai pada tahun 2006 oleh Sekretariat Perjanjian tentang Konservasi Burung Air Migrasi Afrika-Eurasia.

14 Mei Peringatan Hari Burung Bermigrasi Sedunia

Publish by Redaksi on 14 May 2023

NEWS, IDenesia.id - Hari Burung Migrasi Sedunia yang diperingati pada 14 Mei, dimulai pada tahun 2006 oleh Sekretariat Perjanjian tentang Konservasi Burung Air Migrasi Afrika-Eurasia (AEWA) bekerja sama dengan Sekretariat Konvensi Konservasi Spesies Migrasi Satwa Liar (CMS).

Awalnya, gagasan untuk menetapkan hari untuk burung yang bermigrasi muncul di Amerika Serikat pada tahun 1993, ketika Dinas Perikanan dan Margasatwa AS , Pusat Burung Bermigrasi Smithsonian dan Laboratorium Ornitologi Cornell memprakarsai perayaan 'Hari Burung Bermigrasi Internasional' ( IMBD), yang mendorong festival burung dan program pendidikan di seluruh Amerika.

Kemudian, dalam ulang tahunnya yang ke 10 pada tahun 2005, Sekretariat AEWA memprakarsai Migratory Waterbird Days (MWD) yang diadakan di Afrika, Eropa, dan sebagian Asia. Karena acara ini diterima dengan baik di kawasan Afrika-Eurasia, lalu diputuskan untuk diperluas cakupannya menjadi hari peringatan burung bermigrasi dalam skala global.

Hari Burung Migrasi Sedunia yang pertama diluncurkan oleh AEWA dan CMS pada akhir pekan tanggal 8-9 April 2006 di suaka margasatwa terkenal Ms. Kuki Gallmann 'Ole Ari Nyiro' di Laikipia, Kenya. Acara inti pada peluncuran ini terinspirasi oleh fenomena migrasi burung dan dihadiri oleh sejumlah tokoh internasional dari dunia seni, bisnis, dan konservasi.

Sejak itu, WMBD telah dirayakan setiap tahun dan menjadi semakin populer. Kampanye global terus diselenggarakan secara terpusat oleh Sekretariat CMS dan AEWA. Setiap tahun semakin banyak negara, organisasi, dan orang yang bergabung dalam kampanye ini.

Pada tanggal 26 Oktober 2017 di sela-sela CMS COP12 di Manila, Environment for the Americas (EFTA), Convention on Migratory Species (CMS) dan Agreement on the Conservation of African-Eurasian Migratory Waterbirds (AEWA), diumumkan dibentuknya kemitraan inovatif untuk meningkatkan kesadaran akan penderitaan burung migran di seluruh dunia.

Kemitraan ini secara resmi menyatukan dua kampanye pendidikan burung terbesar di dunia, Hari Burung Bermigrasi Internasional (IMBD) dan Hari Burung Bermigrasi Dunia (WMBD) dalam upaya untuk memperkuat pengakuan dan apresiasi global terhadap burung migran dan menyoroti kebutuhan mendesak untuk konservasi mereka.

Akhirnya mulai tahun 2018, peringatan ini dirayakan sekaligus dengan nama Hari Burung Bermigrasi Sedunia yang diselenggarakan dua kali dalam setahun, yaitu pada hari Sabtu kedua di bulan Mei dan di bulan Oktober.

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross