Ilustrasi.

Unik, Di Amerika Serikat Pada 25 Mei Diperingati Sebagai Hari Anak Hilang Nasional

Publish by Redaksi on 25 May 2023

NEWS, IDenesia.id - Pada tanggal 25 Mei setiap tahunnya, diperingati sebagai sejarah hari anak hilang nasional. Di mana dalam sejarahnya pada tanggal 25 Mei 1979, seorang anak di Amerika Serikat berusia enam tahun bernama Etan Patz menghilang dalam perjalanan pulang ke rumahnya di New York City. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai Hari Anak Hilang Nasional sejak tahun 25 Mei 1983.

Pada waktu itu, kejadian anak-anak hilang tak banyak jadi perhatian baik media nasional maupun media internasional. Namun, hal itu berbeda dengan kasus Etan yang kabarnya menyebar dengan cepat karena diliput oleh banyak media. Hal ini tak lain karena ayah dari Etan merupakan seorang fotografer profesional yang menyebarkan foto anaknya dalam upaya menemukannya kembali.

Akibat peristiwa tersebut baik pemerintah maupun publik mulai fokus menanggapi dan menangani kasus anak yang hilang. Di mana selama hampir tiga tahun setelahnya perhatian media berfokus pada Atlanta, Georgia yang mana di sana telah ditemukan mayat puluhan anak kecil di sebuah danau di pinggir jalan.

Tersangka dari kasus pembunuhan 29 anak tersebut berhasil ditangkap dan diidentifikasi pada tahun 19981. Selanjutnya dua tahun kemudian Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan menetapkan tanggal 25 Mei 1983 sebagai Hari Anak Hilang Nasional.

Anak merupakan potensi dan penerus cita-cita perjuangan bangsa yang memiliki peran strategis dan mempunyai ciri dan sifat khusus yang memerlukan perlindungan dalam rangka menjamin pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental dan sosial secara utuh.

Masa depan bangsa berada di tangan anak saat ini. Semakin baik kualitas anak saat ini maka semakin baik pula kehidupan masa depan bangsa. Namun sebaliknya, apabila kualitas anak tersebut buruk maka akan buruk pula masa depan bangsa.

Untuk itu setiap orang susah payah menjaga anak-anaknya agar tumbuh dengan sehat dan baik tanpa kekurangan suatu apapun. Hari ini 25 Mei diperingati sebagai hari anak hilang nasional

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross