Ilustrasi - Kartu Prakerja - (Foto : ANTARA).

Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka Tiap 2 Minggu Mulai Juni

Publish by Redaksi on 2 June 2023

NEWS, IDenesia.id - Program Kartu Prakerja mulai dibuka setiap dua minggu pada Juni 2023 ini. Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja sedang mengintensifkan pendaftaran peserta.

Direktur Eksekutif Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari mengatakan dengan sistem pendaftaran yang baru ini, diharapkan peserta Kartu Prakerja bisa memperoleh kepastian terkait pembukaan gelombang dan penetapan peserta dengan jadwal yang juga lebih pasti dan mudah diingat.

"Dengan dibukanya gelombang dan ditetapkan peserta setiap dua mingguan, para peserta yang belum lolos jadi tidak lupa untuk terus ikut gabung secara reguler. Hanya dengan satu klik saja, sudah memastikan agar mereka ikut diperhitungkan dalam penetapan peserta di gelombang berikutnya," ujar Denni dalam keterangan resminya di Jakarta, dikutip Jumat (2/6/2023).

Dia menyebutkan bahwa tidak ada angka tetap per batch pendaftarannya. Hanya saja, dia memastikan akan memenuhi 1 juta kuota.

Adapun Kartu Prakerja gelombang 54 akan dibuka hari ini. Pendaftaran tiap gelombang akan dilakukan tiap dua minggu sekali, yaitu pada Jumat pukul 12.00 hingga Senin pukul 23.59. Berbeda dengan tahun sebelumnya, ada kenaikan manfaat dalam Program Kartu Prakerja tahun ini. Beasiswa pelatihan akan diterima sebagai penerima Kartu Prakerja.

Adapun manfaat yang diterima akan mencapai Rp4,2 juta. Kenaikan yang cukup besar adalah di biaya pelatihan serba Rp3,5 juta.

Berikut adalah cara mendaftar Program Kartu Prakerja:

  1. Pastikan sudah memiliki akun, masuk ke laman www.prakerja.go.id.
  2. Klik 'Login' atau Masuk dengan mengisikan e-mail dan password.
  3. Kemudian masukan nomor KTP dan tanggal lahir, dan klik 'Berikutnya'.
  4. Lengkapi data diri di antaranya nama lengkap, alamat e-mail, alamat tempat tinggal alamat domisili, pendidikan, status pekerjaan, dan unggah swafoto/selfie sambil memegang KTP.
  5. Langkah selanjutnya dalam pembuatan Kartu Prakerja adalah mengikuti tes.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross