Mountain El Capitan. (Dok/mountain-forecast.com)

Megahnya El Capitan, Tebing Idaman Para Climber

Publish by Redaksi

NEWS, IDenesia.id - El Capitan, yang juga dikenal dengan nama El Cap, merupakan gunung yang terletak di Taman Nasional Yosemite, California bagian timur-tengah. Gunung ini menjadi salah satu landmark terkenal di taman nasional tersebut. Batu granit ini memiliki dinding hampir vertikal dengan ketinggian 7.569 kaki atau 2.307 meter di atas permukaan laut (Mdpl) dan mencapai ketinggian 3.600 kaki (1.100 meter) di ujung barat Lembah Yosemite.

Tepat di sebelah Sungai Merced. Di sekitar gunung ini, terdapat Air Terjun Bridalveil dan Half Dome yang terletak di bagian atas lembah. Sempat beredar persepsi bahwa pendakian dinding vertikal gunung ini tidak mungkin dilakukan. Namun, pada tahun 1957, Warren Harding memimpin sebuah ekspedisi untuk mencapai puncaknya. Mereka memusatkan perhatian pada punggung gunung yang terbentuk dari pertemuan wajah tenggara dan barat daya, yang dikenal sebagai Nose.

Selama lebih dari satu tahun, kelompok ini membangun jalur pendakian dengan menggunakan piton dan mengebor lubang baut sebagai tali pengaman. Pada tanggal 12 November 1958, Harding dan dua anggota lainnya berhasil mencapai puncak gunung tersebut. Sejak saat itu, El Capitan menjadi populer di kalangan pendaki. Pada tahun 2017, Alex Honnold mencatat sejarah dengan menjadi orang pertama yang berhasil mendaki gunung ini tanpa menggunakan tali pengaman, peristiwa ini juga terekam dalam film dokumenter Free Solo (2018).

Selain itu, tersedia juga jalur pendakian yang menantang bagi para pendaki yang ingin mencapai puncak gunung ini. Dilansir IDenesia.id dari nps.gov,  El Capitan adalah titik paling selatan Pegunungan Guadalupe. El Capitan merupakan puncak tertinggi kedelapan di Texas dan ketinggiannya yang mengesankan serta bentuknya yang mencolok menjadikannya gambar ikonik bagi para pelancong selama beberapa generasi. Tidak ada jalur resmi yang mencapai puncak, dan puncaknya paling baik dilihat dari U.S. Highway 62/180 di sekitar taman.

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross