Pelaksanaan Maccera Tasi. (Dok/Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI).

Mengenal Maccera Tasi yang Dilarang MUI Sulsel Hingga Terbitkan Maklumat

Publish by Redaksi on 14 June 2023

NEWS, IDenesia.id - Komisi fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan telah menerbitkan maklumat terkait larangan mengadakan ritual Maccera Tasi atau acara pesta laut. MUI menganggap, aktivitas tersebut mengarah kemusyrikan. Kebiasaan itu diminta untuk ditinggalkan dan tidak dilestarikan.

Penegasan tentang posisi hukum, adat ritual ini tertuang dalam maklumat yang dikeluarkan oleh MUI Sulsel Nomor: Maklumat-05/DP.P.XXI/VI/Tahun 2023, tertanggal 7 Juni 2023, tentang menyikapi ritual Maccera Tasi di berbagai daerah di Sulsel. Maklumat telah ditandatangani oleh Ketua umum dan Sekretaris Umum MUI Sulsel.

Lantas apa sebenarnya Maccera Tasi dalam sudut pandang kebudayaan daerah di Sulsel. IDenesia.id, merangkum gambaran umum tentang tradisi yang sarat dengan kearifan lokal tersebut. Dilansir dari laman resmi Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI, Maccera Tasi atau acara pesta laut adalah manifestasi budaya Luwu (Sulsel) mengenai hubungan antara umat manusia dengan sang pencipta.

Begitu juga dengan seluruh mahluk hidup dan lingkungan di alam ini. Acara ini biasanya digelar di tepi pantai, tepat pada garis pantai pada saat pasang surut terjauh yang merupakan pertamuan antara dua lingkungan hidup atau dua ekologi. Yakni antara habitat daratan dengan lautan.

Kegiatan ini menekankan hubungan fungsional antara setiap mahluk hidup, baik manusia, maupun flora dan fauna dan seluruh isi alam semesta akan ditata kembali dan ditempatkan pada proporsi yang sebenarnya secara harmonis. Atau mengikuti ketentuan adat sakral yang telah ditetapkan oleh maha pencipta sebagai satu hukum alam yang harus dipatuhi. Harapannya supaya terhindar dari kekacauan dan tercipta keteraturan atau keseimbangan kosmos.

Pelaksanaan Maccera Tasi juga sangat tersistematis. Ada beberapa tahapan awal sebelum memasuki upacara inti. Untuk lebih jelasnya dan lebih mengenal lagi bagaimana dan apa itu Maccera Tasi, kamu bisa membacanya lebih lanjut lewat tautan yang kami sediakan. Berikut penjelasan rincinya: http://kikomunal-indonesia.dgip.go.id/index.php/jenis/2/pengetahuan-tradisional/28861/maccera-tasi.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross