Logo Manchester United (Foto : Reuters/John Sibley/File Photo).

Manchester United Negosiasi Kontrak Eksklusif dengan Sheikh Jassim dari Qatar

Publish by Redaksi on 16 June 2023

NEWS, IDenesia.id -  Klub sepak bola Inggris Manchester United (MANU.N) tengah bernegosiasi untuk memberikan hak eksklusifitas kepada konsorsium yang dipimpin oleh Sheikh Jassim bin Hamad al-Thani dari Qatar dalam pembicaraan untuk menjual klub tersebut dengan nilai lebih dari $6 miliar (Rp89,4 triliun), orang-orang yang mengetahui hal tersebut mengatakan pada hari Kamis.

Meskipun kesepakatan masih belum pasti, perkembangan ini merupakan tonggak penting dalam upaya Sheikh Jassim - putra mantan perdana menteri Qatar yang merupakan salah satu orang terkaya di negara Teluk - untuk mengambil alih merek olahraga ikonik tersebut. Disadur IDenesia.id dari laman Reuters, Jumat 16 Juni 2023.

Anggota keluarga Glazer, yang memiliki saham minoritas di Manchester United dan mengendalikannya berkat struktur saham dua kelas, akan menguangkannya sebagai bagian dari kesepakatan yang diusulkan, kata salah satu sumber.

Tawaran Qatar saat ini dipandang oleh keluarga Glazer lebih baik daripada tawaran dari miliarder Inggris Jim Ratcliffe, pendiri produsen bahan kimia INEOS, sumber menambahkan. Tawaran Ratcliffe membayangkan bahwa keluarga Glazer akan tetap mempertahankan ketertarikannya pada Manchester United.

Manchester United tidak akan diizinkan untuk bernegosiasi dengan penawar lain selain Sheikh Jassim untuk periode eksklusifitas. Tidak dapat diketahui berapa lama periode ini akan berlangsung. Sumber-sumber tersebut memperingatkan bahwa situasinya masih berubah-ubah dan tawaran baru dari Ratcliffe dapat mencegah Sheikh Jassim untuk mendapatkan eksklusivitas.

Sumber-sumber tersebut meminta untuk tidak disebutkan namanya karena masalah ini bersifat rahasia. Perwakilan dari Manchester United dan Sheikh Jassim tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Saham Manchester United melonjak sebanyak 15% karena berita tersebut dan mengakhiri perdagangan di New York pada hari Kamis naik 6,8% pada $ 24,81 (Rp369,867)

Kesepakatan senilai lebih dari $6 miliar untuk Manchester United akan menjadi salah satu yang terbesar yang pernah ada di dunia olahraga, menyusul penjualan dengan nilai yang sama dari National Football League's Washington Commanders awal tahun ini.

Hal ini juga akan menjadi nilai premium yang signifikan untuk kesepakatan sepak bola lainnya. Tahun lalu, akuisisi Chelsea Football Club senilai $3,1 miliar (Rp46,2 triliun) oleh grup investasi yang dipimpin oleh Todd Boehly dan Clearlake Capital bernilai 5,7 kali lipat dari pendapatan untuk tahun keuangan terakhirnya.

Penjualan senilai lebih dari $6 miliar (Rp89,4 triliun) akan membuat Manchester United bernilai lebih dari 10 kali lipat pendapatan tahunan tahun lalu, menurut data Refinitiv.

Keluarga Glazer, yang menghasilkan banyak uang di bidang real estat, ritel, dan perawatan kesehatan dan juga memiliki tim NFL Tampa Bay Buccaneers, membeli tim ini seharga 790 juta poundsterling ($ 1 miliar) (Rp14,9 triliun) pada tahun 2005.

Sebagai juara Inggris 20 kali, Manchester United memiliki lebih dari 650 juta penggemar di seluruh dunia, menurut perusahaan riset pasar Kantar. Sejumlah besar dari mereka telah berteriak-teriak untuk perubahan kepemilikan.

Hal itu karena keluarga Glazer telah menyaksikan penurunan yang signifikan dalam kekayaan klub, dengan klub hanya memenangkan yang terakhir dari 20 gelar kasta tertinggi mereka di musim terakhir mantan manajer Alex Ferguson sebagai manajer pada 2012-13.

Manchester United memenangkan Piala Liga di bawah asuhan Erik ten Hag musim ini, namun finis di posisi ketiga di liga, 14 poin di belakang rival lokal dan peraih treble winners Manchester City, menggarisbawahi besarnya perubahan yang diperlukan.

Sementara sebagian pendukung mungkin melihat kocek yang dalam dari pemilik baru Qatar sebagai cara tercepat untuk memperkecil jarak antara United dan Manchester City yang didukung Abu Dhabi, yang lain telah menyatakan "keprihatinan yang mendalam" pada catatan hak asasi manusia Qatar.

Beberapa negara Timur Tengah telah melakukan investasi besar-besaran di bidang olahraga dalam beberapa tahun terakhir, yang mengarah pada kritik bahwa mereka mencoba untuk "mencuci" citra mereka.

Qatar menjadi tuan rumah acara puncak sepak bola, Piala Dunia, pada tahun 2022, sementara Qatar Sport Investments (QSI) yang dikelola negara memiliki klub Ligue 1, Paris St Germain. Dana Investasi Publik Arab Saudi (PIF) mendanai LIV Golf Series, yang baru-baru ini setuju untuk bergabung dengan PGA Tour, serta tim Liga Premier Newcastle United. Pelaporan oleh Anirban Sen di New York Laporan tambahan oleh Amy-Jo Crowley di London Penyuntingan oleh Greg Roumeliotis, Deepa Babington dan Matthew Lewis.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross