Proses pelepasan petugas kesehatan hewan kurban Pemprov Sulsel. (Dok/Pemprov Sulsel).

Jelang Iduladha, Pemprov Sulsel Lepas Petugas Kesehatan Hewan Kurban

Publish by Redaksi on 20 June 2023

NEWS, IDenesia.id - Petugas kesehatan hewan kurban jelang Iduladha, telah dilepas oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Proses pelepasan, dipimpin Asisten 1 Bidang Pemerintahan, Andi Aslam Patonangi, di ruang rapat pimpinan Kantor Gubernur, Selasa, 20 Juni 2023, siang.

"Keamanan dan kelayakan hewan serta daging qurban dalam pelaksanaan ibadah kurban Hari Raya Iduladha 1444 H dilaksanakan pada 29 Juni 2023," kata Aslam dalam sambutannya di tengah pelepasan dikutip dari laman resmi Pemprov Sulsel, Selasa sore.

Pelepasan ini sebagai tindak lanjut dari Peraturan Menteri Pertanian Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pemotongan Hewan Kurban. Tim kesehatan ini akan bertugas memeriksa seluruh jenis hewan sebelum disembelih. Kegiatan pemeriksaan hewan kurban menurut Aslam dilakukan dengan memperhatikan perlakuan warga terhadap hewan.

Perlakuan yang dimaksud harus sesuai dengan standar kesejahteraan hewan. "Hewan tidak diperlakukan semena-mena selama pemeliharaan dan saat menjelang proses pemotongan dan kesejahteraan hewan harus dipastikan ketika sebelum disembelih," Aslam berpesan.

Aslam menambahkan, ketersediaan hewan kurban tahun ini 2023, mencapai 75.289 ekor sapi, 2.406 ekor kerbau dan 33.279 ekor kambing. Sebagian besar hewan yang disembelih untuk kurban berasal dari pasokan lokal.

Diperkirakan jumlah pemotongan hewan qurban tahun 2023 di Sulsel akan mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tahun 2022. Yakni, sebanyak 49.906 ekor hewan kurban, dengan rincian, kambing 5.773 ekor dan sapi 44.041 ekor.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross