Seorang ahli berpendapat bahwa kegagalan listrik memicu serangkaian peristiwa yang menghancurkan kapal selam Titan. (Fot0 : Becky Kagan Schott / OceanGate).

Pakar Jelaskan Kondisi 48 Detik Terakhir Para Korban Kapal Titanic

Publish by Redaksi on 8 July 2023

NEWS, IDenesia.id - Seorang ahli telah menawarkan garis waktu potensial untuk beberapa detik terakhir kapal selam Titan sebelum hancur akibat ledakan, yang menewaskan sebanyak lima orang di dalamnya.

Puing-puing dari kapal yang meledak ditemukan oleh upaya pencarian dan penyelamatan dan penyelidikan atas insiden yang menyebabkan kematian Paul-Henri Nargeolet, Hamish Harding, CEO OceanGate Stockton Rush, Shahzada Dawood, dan putranya yang berusia 19 tahun, Suleman, saat ini sedang berlangsung.

Disadur IDenesia.id dari laman Reuters, Sabtu 8 Juli 2023. Penjaga Pantai AS mengonfirmasi bahwa kapal selam Titan mengalami 'ledakan dahsyat', yang akan menewaskan semua orang di dalamnya saat kapal tersebut hancur.

Berbicara kepada NIUS, insinyur dan ahli bawah laut Spanyol José Luis Martín telah mengusulkan garis waktu kejadian yang mungkin terjadi pada detik-detik terakhir sebelum kapal selam OceanGate hancur.

Dia mengatakan bahwa orang-orang di dalam kapal mungkin telah menyadari bahwa ada sesuatu yang tidak beres antara 48 hingga 71 detik sebelum kapal selam itu hancur.

Dalam usulan kronologi kejadian yang diajukannya, dia mengatakan bahwa dia yakin pasti ada gangguan listrik 'yang menyebabkan kapal tidak memiliki daya dorong' dan bahwa distribusi berat kapal selam akan menyebabkannya tenggelam ke dasar laut.

Martín menduga bahwa pilot kapal selam tersebut akan berusaha menurunkan beban kapal agar bisa naik ke permukaan, tetapi mungkin tidak bisa melakukannya.

Jika hal itu terjadi, maka lambung kapal selam akan mengalami 'peningkatan tekanan bawah air secara tiba-tiba' yang menurut ahli akan menyebabkan 'kompresi yang kuat' pada cangkang kapal.

Hal inilah yang menghancurkan kapal selam tersebut saat menyelam ke bangkai kapal Titanic, dan Martin mengklaim bahwa ledakan akan terjadi sekitar 9000 kaki di bawah permukaan laut. Dia mengatakan bahwa begitu hal itu terjadi, mereka yang berada di dalam kapal akan tewas seketika.

Rekaman dari penyelaman sebelumnya yang dilakukan kapal selam Titan menunjukkan bahwa kapal tersebut mengalami masalah dan akhirnya berputar di luar kendali saat mendekati bangkai kapal Titanic.

Rekaman tersebut, yang ditayangkan dalam film dokumenter BBC tahun lalu, membuat salah satu penumpang kapal selam tersebut merasa takut akan keselamatannya dan berkata bahwa dia yakin pada saat itu 'kita tidak akan selamat'.

Dalam perjalanan tersebut, mereka mampu memprogram ulang kendali kapal dan mendapatkan kembali pergerakannya.

Orang lain yang pernah berada di kapal selam Titan menjelaskan bahwa dalam perjalanan mereka, mereka mendekati puing-puing Titanic ketika salah satu baterai kapal selam tersebut 'mati' dan kapal tersebut kesulitan untuk mengerahkan bobotnya untuk kembali ke permukaan.

Jaden Pan mengatakan bahwa CEO OceanGate, Stockton Rush, menyuruh mereka untuk 'tidur' karena akan memakan waktu 24 jam sebelum mereka bisa kembali ke permukaan.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross