Boing Didirikan 15 Juli 1916.

Sejarah Hari Ini, 15 Juli;  Berdirinya Produsen Pesawat Terbang Terbesar di Dunia, Boeing

Publish by Redaksi on 15 July 2023

NEWS, IDenesia.id - The Boeing Company adalah perusahaan multinasional yang merancang, memproduksi, dan menjual pesawat terbang, pesawat rotor, roket, dan satelit.

Boeing, menjadi salah satu produsen pesawat terbang terbesar di dunia, yang didirikan pada 15 Juli 1916 oleh William Edward Boeing dengan nama Pacific Aero Products.

Dikutip dari situs Boeing, William Boeing mengawali industri pesawatnya dengan membeli sebuah galangan kapal di Duwamish River, Seattle, Amerika Serikat di tahun 1910. Pada 1917, ia bersama kawan-kawannya kemudian mengubahnya sebagai pabrik pesawat terbang dan berganti perusahaan menjadi Boeing Airplane Company. Perusahaan ini kemudian membangun pesawat terbang untuk Angkatan Laut selama Perang Dunia I.

Usai perang dunia I dan II, Boeing mulai fokus di pesawat komersial. Pada tahun 1958, Boeing berhasil membuat pesawat dengan empat mesin tipe 707. Pesawat itu dengan cepat menarik minat banyak maskapai yang karena bisa melayani jalur lintas atlantik dengan cepat dan membuat banyak penumpang.

Perkembangan 707 kemudian diikuti oleh 727 trijet dan 737 twinjet yang mengudara masing-masing pada 1964 dan 1968. Tipe 737 kemudian dikembangkan lagi menjadi keluarga pesawat modern hingga akhirnya menjadi pesawat komersial terlaris di dunia pada akhir abad ke-20.

Namun perusahaan ini pernah mengalami pemulihan yang cukup berat pada tahun 2019. Momen ini dialami ketika pesawat Boeing 737 Max banyak mengalami kecelakaan dan menyebabkan banyak maskapai penerbangan membatalkan pesanan. Hal ini menyebabkan Boeing harus kehilangan dana sebesar satu miliar dollar AS.

Kantor pusat perusahaan The Boeing Company berlokasi di Chocago dan dipimpin oleh Presiden dan CEO Dennis Muilenburg.

Boeing diorganisasi menjadi lima divisi utama, Boeing Commercial Airplanes, Boeing Defense, Space and Security, Enginering, Operations and Technology, Boeing Capital, dan Boeing Shared Services Group.

Pada 2015, Boeing mencatat penjualan 96.11 miliar dollar, menduduki peringkat ke-27 dalam daftar "Fortune 500" (2015) di majalah Fortune, peringkat ke-90 dalam daftar "Fortune Global 500" (2015), dan peringkat ke-27 dalam daftar "World's Most Admired Companies".

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross