Seorang gadis duduk di sofa tempat sauna. (pexels.com)

Warga Finlandia Diminta Batasi Sauna untuk Hemat Listrik

Publish by Redaksi on 11 September 2022

NEWS, IDenesia.id — Melonjaknya biaya energi di Eropa berarti keluarga dihadapkan dengan tagihan yang lebih tinggi dan perusahaan energi memberikan saran kepada pelanggan tentang bagaimana menjaga tagihan mereka.

Di Finlandia, sauna adalah cara yang sangat tradisional untuk menghabiskan Sabtu malam. Akan tetapi, warga Finlandia sekarang diminta untuk membatasi kunjungan ke sauna.

Salah satu pemasok energi Finlandia, Vaasan Sahko telah meminta pelanggannya untuk menggunakan sauna mereka hanya selama cuaca berangin.

Dengan lebih banyak energi di pasar selama jam berangin, harga listrik turun, dan oleh karena itu menghabiskan satu jam di sauna lebih murah.

Disadur IDenesia.id dari newseu.cgtn.com, Sabtu, 10 September 2022, ada sekitar 3,3 juta sauna di Finlandia. Sebanyak 1,5 juta diasumsikan sebagai sauna listrik. Sauna-sauna ini melayani populasi 5,5 juta.

Di negara ini, gedung apartemen memiliki sauna komunal, rumah tangga memasangnya sendiri dan perusahaan besar menggunakannya untuk jaringan. Perdana menteri dan presiden Finlandia juga memiliki sauna sendiri.

Perusahaan energi Vaasan Sahko menyebut perilaku konsumen dapat mempengaruhi harga listrik. Menurut perhitungan yang dilakukan perusahaan, harga pasar listrik bisa 300 persen lebih mahal pada jam-jam dengan angin sepoi-sepoi.

Mikael Makela, Manajer Energi di Vaasan Sakho, mengatakan, "Di Finlandia, kami memiliki banyak sauna dan itu menggunakan banyak listrik."

"Saat berangin, kami mendapatkan bagian yang bagus dari tenaga angin. Dengan lebih banyak energi di pasar, harga pasar turun - dan oleh karena itu menghabiskan satu jam di sauna lebih murah untuk perusahaan energi, tetapi juga untuk konsumen yang membeli listrik harga pasar,” kata Makela.

Di Finlandia, ada korelasi yang tinggi antara produksi tenaga angin dan harga listrik di pasar sehingga ketika ada lebih banyak tenaga angin yang tersedia, produksi listrik lebih murah.

Apotek orang miskin

Sauna adalah bagian integral dari kehidupan di negara Nordik dan mengakar kuat dalam identitas bangsa. Tidak mengherankan jika budaya sauna Finlandia masuk dalam Daftar Representatif Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan UNESCO.

Hampir 90 persen orang menggunakan sauna seminggu sekali dan diperkirakan ada lebih dari dua juta sauna di Finlandia.

Finlandia menggambarkan sauna sebagai 'farmasi orang miskin' dan penelitian telah menunjukkan manfaat kesehatan yang didapat untuk aliran darah dan memerangi penyakit jantung.

Krisis energi

Harga listrik grosir di Finlandia meroket sejak konflik di Ukraina dan penutupan pipa gas Nord Stream 1. Minggu ini operator jaringan listrik Finlandia Fingrid mengumumkan pembukaan dua pembangkit listrik cadangan untuk menstabilkan sistem kelistrikan negara dan mencegah pemadaman.

Pemerintah Finlandia telah memberikan pinjaman bridging sebesar $2,34 miliar kepada perusahaan energi Fortum dan diumumkan minggu lalu bahwa kredit sebesar $9 miliar telah dialokasikan untuk industri listrik.

Untuk pertama kalinya sejak krisis minyak tahun 1973, pemerintah meluncurkan kampanye untuk menghemat energi, menyerukan warga Finlandia untuk menggunakan sauna lebih sedikit.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross