Ilustrasi, serangga Water Boatman. (Dok/Factanimal.com).

Water Boatman, Serangga yang Gosokan Alat Vital ke Perut Tuk Buat Kebisingan

Publish by Redaksi

NEWS, IDenesia.id - Water Boatman, adalah sejenis serangga air yang berukuran panjang hanya sekitar 12 milimeter. Meski ukurannya kecil, peneliti mengklaim bahwa serangga ini mampu menghasilkan suara bising hingga 99 desibel dengan cara menggosokkan alat vitalnya ke perutnya.

Dengan begitu, kebisingan di lingkungan sekitar dapat tercipta. Tingkat kebisingan suara serangga mungil ini bahkan disebut-sebut setara dengan satu gergaji mesin bundar atau bor. Water boatman umumnya banyak ditemukan di area kolam, danau atau parit. Bak perenang, hewan ini punya kaki panjang kecil serupa dayung.

Water boatman juga merupakan herbivora, memakan ganggang dan detritus, tidak seperti perenang punggung umum karnivora. Seperti serangga air lainnya, ia perlu bernapas di permukaan air, dengan mengembangkan trik cerdik untuk memungkinkan mereka bertahan lebih lama di bawah air.

Hewan ini juga sering menggantung terbalik, mengumpulkan udara dari permukaan air dan kemudian membawanya di lingkungan sekitar sebagai gelembung di tubuh mereka untuk penghangat.

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross