Kantor Pos tertua di Makassar, di Jalan Balai Kota. (Dok/Kemendikbud RI).

Menengok Sekilas tentang Sejarah Kejayaan Kantor Pos Tertua di Kota Makassar

Publish by Redaksi on 25 July 2023

NEWS, IDenesia.id - Kota Makassar tak pernah lepas dengan sejarah perkembangan peradaban masa lampau. Kota Daeng menyimpan banyak jejak sejarah peninggalan arkeologi. Khususnya pada zaman kolonial. Salah satu dari sekian banyak bangunan bersejarah di kota ini, adalah Kantor Pos Unit Divisi Paket.

Lokasinya terletak di Jalan Balai Kota, bersebelahan dengan Gereja Immanuel, tepat di depan bangunan bagian samping Kantor Balai Kota Makassar. Dilansir sebagian dalam buku Bangunan Bersejarah di Kota Makassar, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Makassar, Kantor Pos Unit Divisi Paket adalah salah satu bangunan tertua di daerah ini.

Kantor ini dibangun pemerintah kolonial sejak 1925 dengan nama Post Cantoor. Pada awalnya, kantor pos ini difungsikan sebagai sarana untuk memperlancar korespondensi orang-orang Eropa di Makassar. Kemudian sejalan dengan perkembangan zaman, maka kantor ini difungsikan sebagai Kantor Pos Unit Divisi Paket yang dipugar tahun 1992.

Post Cantoor adalah istilah untuk kantor pos atau pos kantor di Indonesia. Kantor pos di Makassar merupakan bagian dari sistem pos yang telah ada sejak zaman kolonial Belanda. Pada saat itu, kantor pos berfungsi sebagai tempat pengiriman dan penerimaan surat dan paket, serta menyediakan layanan telegraf dan telepon.

Selama masa kolonial, kantor pos Makassar menjadi bagian penting dalam menyediakan komunikasi dan sarana pengiriman informasi antara pulau-pulau di Indonesia dan ke luar negeri. Seiring perkembangan zaman, peran kantor pos di Makassar telah berkembang menjadi lebih modern dengan penggunaan teknologi komunikasi yang lebih maju seperti internet dan layanan pos elektronik.

Meskipun begitu, kantor pos di Makassar masih berperan penting dalam menyediakan layanan pengiriman surat dan paket serta menjadi titik penghubung komunikasi bagi masyarakat lokal dan internasional. Seiring dengan perkembangan zaman, kantor pos di Makassar juga sudah tersebar di berbagai wilayah.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross