Ilustrasi kekeringan (Foto:Thaiger)

BMKG: 63% Wilayah Indonesia Sudah Terdampak El Nino

Publish by Redaksi on 1 August 2023

NEWS, IDenesia.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa sebanyak 63 persen wilayah Indonesia kini telah terdampak fenomena El Nino yakni kekeringan.

“Saat ini sudah sekitar 63 persen dari 699 itu sudah memasuki periode musim kemarau artinya yang memang sudah terdampak langsung dari El Nino itu sekitar 63 persen wilayah zona musim,”  ungkap Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG, A. Fachri Radjab, S.Si., M.Si., dikutip Selasa, 1 Agustus 2023.

Pada tahun ini, fenomena itu telah mengakibatkan kemarau di 63 persen wilayah Indonesia, termasuk Sumatra, Jawa, Bali, NTB, NTT, Kalimantan, Sulawesi Selatan, dan Papua Selatan. "Diperkirakan musim kemarau ini akan lebih kering dibandingkan tiga tahun sebelumnya," ucap Fachri.

Puncak kekeringan di Tanah Air disebabkan fenomena El Nino ini diperkirakan pada bulan Agustus dan September.

El Nino adalah fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normalnya yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah. Pemanasan SML ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan mengurangi curah hujan di wilayah Indonesia. Singkatnya, El Nino memicu terjadinya kondisi kekeringan untuk wilayah Indonesia secara umum.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross