Proses berikrar tiga napiter di Lapas Kelas 1 Makassar untuk setia kepada NKRI. (Foto: Humas Kodam XIV Hasanuddin).

3 Napiter di Lapas Makassar Cium Bendera Merah Putih, Berikrar Setia NKRI

Publish by Redaksi on 14 August 2023

NEWS, IDenesia.id - Tiga orang narapidana dalam kasus tindak pidana terorisme, mengucapkan ikrar untuk setia terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pengambilan sumpah dilaksanakan di kantor Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Makassar, Senin, 14 Agustus 2023.

“3 narapidana tindak pidana terorisme bertekad kembali ke NKRI dengan pengucapan ikrar setia NKRI secara sadar tanpa ada paksaan,” kata Asisten Intelijen (Asintel) Kasdam XIV Hasanuddin Kolonel Inf Enjang dalam keterangan tertulisnya kepada jurnalis, Senin.

Asintel Kasdam Kolonel Inf Enjang, mewakili Pangdam Hasanuddin Mayjen Totok Imam Santoso menjadi saksi dalam ikrar pengambilan sumpah tiga narapidana tersebut. Namun tidak dijelaskan secara rinci, identitas ketiga narapidana pria yang masih menjalani masa hukuman di dalam Lapas Makassar.

“Pengucapan ikrar setia NKRI merupakan bentuk implementasi hasil program deradikalisasi, yaitu sebagai pengikat tekad dan semangat, serta penegasan untuk bersedia kembali membangun kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bingkai NKRI,” tegas Kolonel Enjang.

Proses pengambilan sumpah disaksikan sejumlah petugas otoritas terkait. Proses pelaksanaan upacara ikrar setia NKRI ini, diawali dengan pembacaan ikrar, dilanjutkan penghormatan dan mencium bendera merah putih serta penandatanganan pernyataan ikrar setia NKRI.

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross