Elvis Presley (foto: britannica.com)

Sejarah Hari Ini, 16 Agustus: Hari Kematian Elvis Presley

Publish by Redaksi on 16 August 2023

NEWS, IDenesia.id - Elvis Aaron Presley atau yang lebih dikenal dengan nama Elvis Presley adalah seorang penyanyi sekaligus penulis lagu yang dianggap sebagai salah satu ikon kebudayaan paling berpengaruh pada abad ke-20. Dia sering disebut dengan sebutan "King of Rock and Roll" atau disingkat "the King".

Presley lahir di Tupelo, mississippi, Amerika Serikat 8 Januari 1935 dan pindah ke Memphis, Tennessee dengan keluarganya saat ia berusia 13 tahun. Karier musiknya dimulai disana pada 1954, saat ia merekam sebuah lagu dengan produser Sam Philips di Sun Records.

Presley adalah salah satu musisi paling berpengaruh dan terselebrasi pada abad ke-20. Sukses secara komersial dalam beberapa genre, termasuk pop, blues dan gospel, ia adalah salah satu artis solo dengan penjualan terbaik dalam sejarah musik rekaman, dengan perkiraan penjualan rekaman sekitar 600 juta unit di seluruh dunia.

Ia memenangkan tiga Grammy, selain juga meraih Grammy Lifetime Achievement Award pada usia 36 tahun, dan telah dicantumkan dalam berbagai hall of fame musik.

Ia dianggap sebagai figur utama dari rock and roll setelah serangkaian kesuksesan penampilan jaringan televisi dan rekaman-rekaman yang memuncaki tangga lagu. Tafsiran lagu-lagunya yang energik dan gaya tampilan provokatif seksualnya, terkombinasi dengan campuran pengaruh potensi berwarna-warna yang sejalan dengan Gerakan Hal Sipil, yang membuatnya menjadi populer—dan kontroversial.

Pada 16 Agustus 1977, ia terkena serangan jantung saat berada di kamar mandi di tempat tinggalnya di Graceland dan kemudian wafat. Kematiannya diyakini selama beberapa tahun sebagai akibat dari penyalahgunaan obat-obatan yang membuat kesehatannya memburuk dan wafat.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross