Tim SAR saat persiapan evakuasi pendaki bermasalah di Gunung Bawakaraeng. (Foto: Basarnas Makassar).

Ratusan Pendaki Mulai Padati Puncak Gunung Bawakaraeng, Tim SAR Siaga Hingga 18 Agustus

Publish by Redaksi on 16 August 2023

NEWS, IDenesia.id - Tim Basarnas Makassar melaporkan, ratusan pendaki mulai memadati kawasan puncak Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa. Para pendaki hendak menggelar upacara peringatan hari kemerdekaan RI yang ke-78 pada 17 Agustus 2023.

“Puncak Gunung Bawakaraeng sudah terdata ada 443 orang pendaki, dan di Lembah Ramma ada 33 pendaki yang sudah menempati dengan warna warni tendanya,” kata Kepala Basarnas Makassar Mexianus Bakabel dalam keterangan tertulisnya kepada jurnalis yang diterima Rabu, 16 Agustus 2023.

Pendaki yang terdata sejak Selasa, 15 Agustus semalam, diperkirakan akan terus bertambah seiring dengan menggeliatnya antusiasme pendaki setiap momen 17-an di Gunung Bawakaraeng. Basarnas Makassar bersama potensi SAR lain tetap bersiaga hingga 18 Agustus.

"Dengan terdatanya pendaki, maka kami berharap siapapun yang berkeinginan untuk merayakan 17 Agustus di Gunung Bawakaraeng dapat diketahui identitasnya, asal tempat tinggal, asal organisasi, berapa orang dalam satu timnya," pesan Mexianus.

Mexianus juga berharap, para pendaki ini sudah siap dengan perlengkapan pendakiannya, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya. Basarnas Makassar diketahui menggelar Siaga Merah Putih di kawasan Gunung Bawakaraeng sejak Selasa kemarin.

Tim rescuer kata Mexianus, siap memberikan pertolongan ataupun membantu mengevakuasi ketika pendaki mengalami masalah. Basarnas juga telah membuka posko di kaki gunung, kawasan kaki gunung, perkampungan Lembanna.

“Sebagai akses untuk menerima dan mengirim informasi. Tapi, kami sangat berharap bahwa tidak akan banyak kejadian yang mengkhawatirkan dalam kegiatan siaga khusus merah putih kali ini," harap Mexianus sebelumnya.

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross