Ilustrasi, hujan. (Foto: The Statesman).

3 Hari ke Depan, Ini Wilayah di Sulsel Berpotensi Hujan Sedang-Lebat

Publish by Redaksi on 22 August 2023

NEWS, IDenesia.id - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar melalui akun Instagramnya, kembali mengumumkan hasil analisis dan pemantauan kondisi prakiraan cuaca di sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan, Selasa, 22 Agustus 2023.

Prakiraan cuaca ini berlaku mulai besok, Rabu, 23 Agustus sampai dengan Jumat, 25 Agustus 2023. Menurut BBMKG, terdapat sejumlah daerah yang berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Kondisi itu juga dapat disertai dengan kilat hingga angin kencang.

Beberapa wilayah yang masuk dalam pemantauan di antaranya, Kabupaten Luwu Timur dan Luwu Utara pada 23 Agustus. Kemudian, pada 24 Agustus daerah yang berpotensi seperti Kabupaten Luwu, Luwu Utara dan Timur, Toraja Utara.

Berikutnya, Kota Palopo, Kabupaten Enrekang dan Kabupaten Sidrap. Sementara pada 25 Agustus, BBMKG masih nihil. Potensi angin kencang, diperkirakan di wilayah pesisir selatan dan barat Sulawesi Selatan. Kota Makassar dan daerah lain belum masuk dalam pemantauan BBMKG.

Dilansir dari akun yang sama pada 8 Agustus lalu, BBMKG mengingatkan masyarakat mewaspadai dampak kekeringan dari fenomena El Nino. Tahun ini, El Nino mengakibatkan kekeringan karena kemarau cukup parah daripada tiga tahun lalu.

Kekeringan berdampak pada ketahanan pangan. “Puncak kemarau kering 2023 diprediksi akan terjadi pada Agustus hingga awal September dengan kondisi akan jauh lebih kering dibandingkan tahun 2020, 2021 dan 2022,” tulis BMKG Sulsel.

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross