Petugas Ditlantas Polda Sulsel dalam sosialisasi penerapan ETLE Mobile di Kota Makassar. (Foto: Ditlantas Polda Sulsel).

Ini Jenis Pelanggaran Jadi Sasaran ETLE dalam Operasi Zebra Ditlantas Polda Sulsel

Publish by Redaksi on 26 August 2023

NEWS, IDenesia.id - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sulawesi Selatan, akan menggelar Operasi Zebra pada pada awal September 2023. Operasi itu sekaligus dirangkaikan dengan penerapan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Baik melalui ETLE Mobile Handheld dan juga ETLE Mobil on Board.

“Tahap penindakan akan dilaksanakan pada tanggal 4 September 2023 bertepatan dengan Operasi Zebra Pallawa 2023,” kata Direktur Ditlantas Polda Sulsel Kombes I Made Agus Prasatya dikutip dari akun Instagram Ditlantas Polda Sulsel, Sabtu, 26 Agustus 2023.

Made Agus sebelumnya telah melarang anggotanya menerapkan tilang manual kepada pelanggar lalu lintas. Itu bertujuan mengurangi potensi praktik pelanggaran. “Seluruh penilangan dilaksanakan dengan sistem ETLE statis maupun mobile dan dengan teguran simpatik,” tegasnya.

Penindakan Operasi Zebra tahun ini kata Made Agus, pihaknya benar-benar menerapkan sistem ETLE tanpa ada sentuhan langsung antara petugas dan masyarakat. "Untuk itu, sudah kami siapkan/pasang beberapa kamera smart CCTV di beberapa titik kerawanan lalu lintas,” ungkapnya.

Ada 14 jenis pelanggaran yang menjadi sasaran ETLE dalam operasi nantinya. Pelanggaran itu yakni melawan arus, berkendara dipengaruhi alkohol, mengemudi sambil menggunakan handphone, tidak menggunakan helm SNI, mengemudi tidak memakai sabuk pengaman, melebihi batas kecepatan, tidak memiliki SIM.

Kemudian, membonceng di motor lebih dari satu orang. Penindakan ini menurutnya untuk keselamatan pengendara dan orang lain. “Semoga tercipta budaya tertib, transparansi penegakan hukum, menurunnya angka kecelakaan lalu lintas dan untuk keselamatan kita bersama,” Made Agus menyudahi.

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross