Ilustrasi kekeringan. (Foto: Halosmi.com).

Pemprov Sulsel Cemas, El Nino Pengaruhi Lahan Pertanian dan Air Baku

Publish by Redaksi on 26 August 2023

NEWS, IDenesia.id - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, mulai cemas soal dampak El Nino yang perlahan mulai dirasakan di beberapa daerah. Termasuk di Kota Makassar. Menurut Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulsel, Andi Muhammad Arsjad, penanganan El Nino menjadi atensi khusus dan urgen.

"Pertama dalam waktu dekat ini, Insyaallah akan segera menyampaikan surat edaran kepada pemerintah kabupaten kota terkait upaya-upaya apa yang perlu diperhatikan, dan diantisipasi dalam rangka penanganan El Nino ini," kata Arsjad dilansir dari laman resmi Pemprov Sulsel, Sabtu, 26 Agustus 2023.

Mereka juga telah menggelar rapat internal membahas langkah antisipasi ke depan soal fenomena alam ini. Salah satu yang menjadi pembahasan penting adalah, lahan pertanian dan air baku yang juga terkena dampak akibat kekeringan. Pemerintah menyusun langkah-langkah penanganannya.

"Saya pikir ini merupakan hal yang sangat mendasar. Karena tidak hanya terkait konsekuensi dampak El Nino terhadap lahan pertanian kita, tapi juga aspek-aspek lain dengan pelayanan dasar termasuk bagaimana penanganan kebutuhan air bersih pada masyarakat kita kedepannya," terang Arsjad.

Kemudian, Pemprov Sulsel segera membuat SK tanggap darurat. Arsjad bilang, ini akan disesuaikan dengan aturan dan ketentuan terkait status tanggap darurat di wilayahnya. Pemprov Sulsel juga sudah membuat SK tim dalam rangka pengendalian dan stabilisasi pasokan dan harga komoditas pangan.

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross