Para pemain PSM Makassar dalam sesi latihan. (Foto: PSM Makassar)

PSM Vs Persis Solo di Liga 1: Juku Eja Tetap Garang Meski Tanpa Pluim

Publish by Redaksi on 26 August 2023

NEWS, IDenesia.id - PSM Makassar akan menjamu tamunya Persis Solo pada pekan ke-10 Liga 1 musim 2023-2024. Juku Eja dinilai tetap garang menghadapi Laskar Sambernyawa meski tanpa Wiljan Pluim di lini tengah. 

“Saya pikir lawan Persis Solo tanpa Pluim juga saya pikir tidak ada masalah begitu loh. Sekalipun mungkin taktikal akan berubah,” kata mantan asisten pelatih PSM, Imran Amirullah kepada IDenesia.id, Sabtu 26 Agustus 2023. 

Duel antara PSM Makassar melawan Persis Solo akan berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Senin 28 Agustus mendatang. Di dua pertandingan terakhir yang telah dijalani PSM, Wiljan Pluim sempat absen. 

Pertama ketika pasukan Ramang kalah 1-0 dari Persebaya Surabaya di Liga 1, serta tidak menjadi starter saat PSM melibat Yangon United 4-0 tanpa balas di playoff AFC Cup. 

Imran menilai, PSM sejatinya tidak lagi bergantung besar terhadap sosok kreator lini tengah asal Belanda tersebut. Bahkan PSM mampu menciptakan lebih banyak peluang meski tidak diperkuat Wiljan Pluim.

“Buktinya kemarin tanpa Pluim mereka bisa memang kemarin kan Pluim masuk di babak kedua di menit 70. Artinya kan tanpa Pluim bisa memang,” ucapnya. 

Kendati demikian, Imran tak menampik jika hadirnya Pluim tentu semakin menambah variasi serangan PSM. Bukan tanpa alasan, dengan skill dan kemampuan olah bolanya yang di atas rata-rata dari pemain lain jadi nilai tambah.

“Tapi alangkah baiknya kalau ada Pluim, karena kan kita tahu sendiri peran Pluim di lini tengah PSM selama ini. Dirinya selalu menjadi tulang punggung di PSM selama ini,” ujarnya. 

Imran sendiri mengaku jika arsitek Bernardo Tavares, telah memiliki skema untuk meladeni permainan tim tamu. Baginya, Bernardo Tavares memiliki segudang taktik meski tidak bisa memainkan Wiljan Pluim.

“Tapi Tavares sudah punya planning A dan B ketika tidak ada Pluim, dia manfaatkan ini. Ketika ada Pluim mungkin dia bisa memaksimalkan Pluim,” pungkasnya.

Penulis: Alfiandis

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross