Roger Federer melambai ke penonton setelah pertandingan di Wimbledon pada 2021. (GLYN KIRK/AGENCE FRANCE-PRESSE/GETTY IMAGES)

Roger Federer Umumkan Pensiun dari Tenis

Publish by Redaksi on 15 September 2022

NEWS, IDenesia.id — Roger Federer mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia tenis pada hari Kamis, 15 September 2022. Ia memutuskan pensiun setelah bermain selama 24 tahun.

Pemenang 20 gelar utama itu mengumumkan pengunduran dirinya di media sosial. Dalam video yang ia unggah Federer yang menjalani operasi lutut tahun lalu mengatakan ini waktu yang tepat baginya untuk pensiun.

“Saya berusia 41 tahun, saya telah memainkan lebih dari 1.500 pertandingan selama 24 tahun, dan tenis telah memperlakukan saya lebih murah hati daripada yang pernah saya impikan,” kata Federer disadur IDenesia.id dari wsj.com, Kamis, 15 September 2022.

Bersama Rafael Nadal dan Novak Djokovic, ia menjadi bagian dari Big Three yang mendominasi nomor tunggal putra selama bertahun-tahun. “Sekarang inilah saatnya untuk mengakhiri karir kompetitif saya,” ujarnya.

Pengidola Pete Sampras itu pensiun di posisi ketiga petenis putra dengan gelar kejuaraan besar terbanyak. Ia hanya kalah dari Nadal yang mengoleksi 22 gelar utama dan Djokovic yang punya 21 trofi menyusul kemenangannya tahun ini di Wimbledon.

Selama kariernya, petenis Swiss itu meraih delapan gelar Wimbledon, enam Australia Terbuka, lima AS Terbuka, dan satu Roland-Garros. Dia total meraih 103 gelar dalam turd an satu medali emas Olimpiade untuk Swiss.

Di masa jayanya, ia pernah memegang rekor 237 minggu berturut-turut sebagai pemain peringkat No. 1 di dunia. Federer sendiri pensiun hanya beberapa hari setelah ratu tenis putri, Serena Williams juga mengakhiri karier gemilannya.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross