Kantor PDAM Kota Makassar (Foto: Dok PDAM Makassar).

Kemarau Parah Tak Terkendali, PDAM Makassar Kelimpungan Hadapi Tantangan Suplai Air

Publish by Redaksi on 30 August 2023

NEWS, IDenesia.id - Fenomena El Nino mempengaruhi ketersediaan air bersih di Kota Makassar. Kabag Humas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Makassar, Idris Tahir, mengungkapkan kondisi kemarau tahun ini lebih parah memberikan dampak serius terhadap layanan air untuk masyarakat.

"Jadi memang kemarau yang sedikit lebih parah ini dari tahun sebelumnya karena ada El Nino ini memang sangat mempengaruhi akselerasi kami dalam melayani pelanggan secara maksimal," kata Idris Tahir kepada IDenesia.id, Rabu, 30 Agustus 2023.

Idris mengatakan, bukan hanya daerah Kecamatan Tamalanrea dan Biringkanaya yang terdampak, melainkan sembilan kecamatan lainnya mengalami krisis air. Alhasil para pelanggan PDAM Makassar merasakan kesulitan mendapatkan pasokan air bersih.

"Jadi untuk persoalan pelanggan-pelanggan Kota Makassar yang membeli air mungkin jalan satu-satunya untuk memenuhi kebutuhan air mereka karena suplai dari PDAM terbatas," akuya.

Lebih lanjut, Idris mengungkapkan situasi kekeringan tidak hanya terjadi di Makassar atau Sulawesi Selatan, melainkan juga di sebagian besar wilayah Indonesia. Sehingga fenomena ini secara signifikan mempengaruhi ketersediaan air bersih, yang pada akhirnya memaksa PDAM Makassar untuk mencari solusi terbaik dalam menghadapi tantangan ini.

Salah satu aspek yang terdampak adalah debit air baku dari Bendungan Lekopancing yang selama ini menjadi sumber utama pasokan air bagi Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Panaikang menurun signifikan. Distribusi utama air bersih ke wilayah pelanggan di Kota Makassar menjadi berkurang.

"Otomatis kan debit air baku kita kan yang ada di Lekopancing itu bendungan Lekopancing sumber air baku utama yang menyuplai IPA kami di Panaikang dengan Antang yang merupakan distribusi utama kita untuk menyuplai di daerah utara dan timur Kota Makassar," pungkasnya.

Penulis: Alfiandis

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross