Kota Makassar. (Foto: Indonesia Travel).

Bapenda Bakal Paparkan Masalah PBB Kota Makassar di Jepang

Publish by Redaksi on 31 August 2023

NEWS, IDenesia.id - Pemerintah Kota Makassar, melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) diundang untuk berpartisipasi mengikuti Workshop Regional Penguatan Pengelolaan Pajak Properti dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kota Takaoka dan Tokyo, Jepang. 

“Jadi tujuan kami diundang di sini untuk mengetahui bagaimana Kota Makassar menjadi salah satu kota yang ada di Indonesia dalam hal resiliensi city terkait perpajakan khususnya PBB dan BPHTB,” kata Kepala Bapenda Firman Hamid Pagarra dilansir dari laman resmi Pemkot Makassar, Kamis, 31 Agustus 2023. 

Agenda ini akan berlangsung pada 4 hingga 8 September 2023. Kota Makassar merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang diundang oleh Asian Development Bank (ADB). Kegiatan ini diikuti sepuluh negara. Yakni Armenia, Kamboja, Indonesia, Kyrgyz Republic, Laos, Nepal, Philipina, Tiongkok, Srilanka, dan Thailand.

Rencananya, Firman akan memaparkan terkait capaian aplikasi Pakinta (Pajak Terintegrasi dan Terdigitalisasi) yang diterapkan sejak 2022 lalu. “Mampu meningkatkan jumlah target pendapatan. Jadi banyak orang yang terbantu dan langsung membayar melalui aplikasi dibandingkan tahun sebelumnya yang harus datang ke kantor,” paparnya.

Firman menyebut, banyaknya user yang terdaftar di aplikasi Pakinta inovasi Bapenda Kota Makassar. Bahkan capaian pendapatan PBB diklaim cukup meningkat. Dari Rp180 miliar pada tahun 2021 naik menjadi Rp213 miliar di tahun 2022, lalu.

“Kita juga akan memaparkan pemetaan PBB yang kita lakukan tahun lalu. Itu kita punya peta potensi di dua kecamatan yaitu Manggala dan Tamalate dan alhamdulillah ada kenaikan yang terjadi dari jumlah Nomor Objek Pajak (NOP),” ucapnya menyudahi.

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross