Ilustrasi penggunaan masker. (Foto: Tribrata News Polri).

ISPA Melonjak, Dinkes Sulsel Imbau Masyarakat Lakukan Ini

Publish by Redaksi on 31 August 2023

NEWS, IDenesia.id - Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan, berbagi tips sederhana untuk meminimalisir potensi terpapar Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dampak dari kondisi kekeringan akibat El Nino. Salah satunya dengan penggunaan wadah penutup hidung dan mulut.

"Kalau kita misalnya bepergian berkelompok dengan orang banyak begitu itu kita gunakan masker supaya udara yang tercemar itu bisa kita kurangi," kata Plt Kepala Dinkes Sulsel dr Erwan dalam keterangannya saat dikonfirmasi IDenesia.id, Kamis, 31 Agustus 2023.

Dinkes Sulsel sebelumnya telah mengidentifikasi penyakit yang marak muncul dalam kondisi seperti ini. Paling umum terjadi adalah ISPA. Erwan menegaskan perlunya upaya dalam meningkatkan daya tahan tubuh melalui gaya hidup sehat, istirahat yang cukup, serta menghindari kebiasaan begadang.

Bagi perokok, Erwan menyarankan agar menjauhkan diri dari paparan yang berisiko menyebabkan ISPA. "Kemudian tentu juga upaya kita sendiri meningkatkan daya tahan tubuh kemudian istirahat yang cukup jangan begadang kalau misalkan perokok yah ini perokok ini sangat rentan sekali terkena ISPA,” ucapnya.

Dokter Erwan mengatakan, merujuk dalam catatan tahunan, Dinkes Sulsel mendata adanya tren peningkatan kasus penyakit terutama saat musim tertentu. Hanya saja ia belum bisa memastikan jumlah peningkatan penyakit tersebut selama musim kemarau. "Berdasarkan data yang masuk menyampaikan ke Dinas Kesehatan Kabupaten atau Kota,” sebutnya.

Namun demikian, Erwan tak menampik bahwa ISPA tetap menjadi penyakit paling umum dan mendominasi. Ia menyarankan ada upaya kolaboratif dari semua pihak, termasuk individu dan instansi pemerintah. "Cuman memang ISPA itu penyakit terbanyak selalu dan dominan untuk sebagai penyakit terbanyak," pungkasnya.

ISPA dianggap sebagai penyakit yang paling umum terjadi akibat polusi udara berbahaya karena kekeringan. Kurangnya pohon sebagai media filter alami polisi juga sangat memprihatinkan. "Jadi kalau musim kemarau kalau begini kan memang biasanya banyak itu debu-debu yang masuk ke tubuh melalui pernapasan,” ucap Erwan sebelumnya. 

Penulis: Alfiandis

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross