Logo Haornas 2023 (logo:google)

Sejarah Hari Ini, 9 September: Hari Olahraga Nasional

Publish by Redaksi on 9 September 2023

NEWS, IDenesia.id - Hari Olahraga Nasional atau yang biasa disingkat Haornas, diperingati setiap 9 September di Indonesia.

Haornas ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 Tahun 1985. Penetapan Hari Olahraga Nasional tidak lepas dari pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama di Surakarta pada 9-12 September 1948.

Saat itu, PON digelar pada 1948 lantaran atlet-atlet Indonesia tidak bisa mengikuti Olimpiade XIV/1948 di London, Inggris.

Alasannya, karena kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia belum diakui oleh dunia serta paspor Indonesia juga tidak diakui pemerintah Inggris. Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) pun memutuskan menggelar Pekan Olahraga Nasional atau PON.

PON menjadi bukti untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia sanggup mengadakan acara olahraga berskala nasional. Sebanyak 600 atlet mengikuti kompetisi PON dan bertanding pada 9 cabang olahraga untuk memperebutkan 108 medali. Itulah cikal bakal penetapan Hari Olahraga Nasional setiap 9 September.

Tahun ini slogan yang dipakai dalam peringatan Haornas 2023 adalah “Gelanggang Semangat Pemenang”.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross