(foto:DokPEPABRI)

Sejarah Hari Ini, 12 September: Hari Ulang Tahun PEPABRI

Publish by Redaksi on 12 September 2023

NEWS, IDenesia.id - Setiap tanggal 12 September dirayakan sebagai Hari Purnawirawan atau Hari Ulang Tahun Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (PEPABRI).

Terbentuknya PEPABRI dilatarbelakangi kesulitan yang dialami oleh mantan pejuang. Mereka merasakan kehidupan yang memprihatinkan.  Pada 1 September 1953 dibentuklah organisasi Persatuan Pensiunan Angkatan Perang Republik Indonesia (PPAPRI) di Solo.

Anggota PPAPRI saat itu terdiri dari mantan anggota legiun Mangkunegaraan. Hingga pada 12 April 1957, para pensiunan TNI di Jakarta juga turut membentuk organisasi Persatuan Pensiunan Angkatan Perang Republik Indonesia (PERPAPRI).

PERPAPRI menyelenggarakan Kongres Nasional pertama di Kaliurang Yogyakarta pada 10-12 September 1959.  Kongres ini menghasilkan keputusan yakni mempersatukan seluruh organisasi pensiunan dan Janda APRI/Janda pensiunan dalam satu wadah, dengan nama Persatuan Pensiunan Angkatan Perang Republik Indonesia disingkat PERPAPRI.

Menyesuaikan dengan perkembangan yang terjadi, PEPABRI kemudian menjadi Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan POLRI.

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross