Kapolda Sulsel Irjen Setyo Boedi Moempoeni Harso di sela peresmian sumur bor untuk warga di Kelurahan Katimbang, Kecamatan Biringkanaya, Makassar. (Foto: Twitter Polda Sulsel).

Kekeringan Ekstrem, Polda Sulsel Buat 24 Sumur Bor untuk Warga

Publish by Redaksi on 15 September 2023

NEWS, IDenesia.id - Berbagai langkah diambil otoritas terkait untuk mengatasi kekeringan akibat kemarau ekstrem, yang terjadi di sejumlah daerah di Sulawesi Selatan. Khususnya di Kota Makassar. Kekeringan dipicu fenomena El Nino diketahui membuat sejumlah wilayah krisis air baku. 

Jajaran Polda Sulsel berinisiatif membuat puluhan sumur bor yang diperuntukan bagi warga terdampak parah kekeringan. Pengadaan sumur bor ini telah diresmikan Kapolda Sulsel Irjen Setyo Boedi Moempoeni Harso didampingi Kapolrestabes Makassar Kombes Mokhamad Ngajib. 

“Secara keseluruhan terdapat 24 sumur bor dibangun oleh jajaran Polda Sulsel yang tersebar diseluruh kabupaten,” sebut Kapolda Boedi disela peresmian sumur bor di Kelurahan Katimbang, Kecamatan Biringkanaya, Jumat, 15 September 2023, dilansir dari laman resmi Polrestabes Makassar. 

Dari angka itu, 16 titik diantaranya kata Irjen Boedi dilaksanakan atau pengadaannya oleh Polres jajaran. Ia juga mengaku saat ini pihaknya masih berupaya menambah titik air di wilayah lain yang membutuhkan agar masyarakat terbantu. "Kita berharap fasilitas sumur bor ini dirawat digunakan dalam jangka waktu yang panjang,” harap Kapolda .

Irjen Boedi menjelaskan, pengadaan sumur bor dan bantuan air bersih ini merupakan tindak lanjut dari program Kapolri Jenderal Listyo Sigit terkait institusinya yang peduli lingkungan. Ini juga menjadi langkah nyata membantu masyarakat yang butuh air bersih di tengah kekeringan parah. 

Lebih lanjut kata Kapolda Sulsel, bahwa program ini selaras dengan program pemerintah untuk mengurangi dampak El nino. “Dan mempromosikan program hidup sehat di musim kemarau panjang ini sehingga diharapkan memenuhi kebutuhan dasar masyarakat,” lanjutnya menyudahi. 

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross