Ilustrasi, surat suara Pemilu. (Foto: Krjogja.com).

Titik Rawan Tahapan Pemilu 2024 di Makassar Dipetakan

Publish by Redaksi on 15 September 2023

NEWS, IDenesia.id - Penyelenggara pemilu terus berkoordinasi dengan instansi terkait jelang tahapan penyelenggaraan pesta demokrasi pada Pemilu 2024. Belum lama ini, sejumlah komisioner Bawaslu Kota Makassar bertemu dengan Kapolrestabes Kombes Mokhamad Ngajib. 

Keduanya membahas banyak hal. “Mokhamad Ngajib Kapolrestabes Makassar memberikan arahan terhadap penanganan pelanggaran pada titik rawan menjelang tahapan kampanye serta pola penanganan keamanan,” tulis Bawaslu dalam akun Instagramnya yang dikutip Jumat, 15 September 2023. 

Pertemuan berlangsung di ruang kerja Kapolrestabes Kombes Mokhamad Ngajib, Kamis, 24 September kemarin. “Bersama Kasat Polrestabes Makassar membahas sekaitan tahapan yang sedang berjalan saat ini. Serta Membahas agenda dalam waktu dekat menjelang tahapan kampanye,” lanjut Bawaslu. 

Selain itu komisioner Bawaslu juga menginformasikan akan melaksanakan agenda kunjungan ke sekretariat partai. “Untuk membahas terkait PKPU 15 tahun 2023 tentang kampanye pemilihan umum, mengingat tahapan kampanye tidak lama lagi,” lanjut Bawaslu lagi. 

Menanggapi hal tersebut Kombes Ngajib kembali memberikan arahan agar mengumpulkan anggota partai dalam satu kegiatan sebelum agenda kunjungan ke masing-masing sekretariat partai. Kunjungan itu juga sekaligus memperkenalkan ketua dan anggota Bawaslu Makassar pasca pelantikan anggota baru. “Juga Membahas pembaharuan SK Personil Gakkumdu Makassar,” tutup Bawaslu.

Polda Sulawesi Selatan, sebelumnya juga sudah mulai memetakan kondisi daerah yang dianggap rawan dalam momentum Pemilu 2024. Polisi mengatensi seluruh potensi yang kemungkinan terjadi dan dinilai bisa mengganggu keamanan, ketertiban masyarakat dalam pelaksanaan pesta demokrasi nanti. 

“Dalam menghadapi tahun politik Polda Sulsel telah melakukan langkah-langkah untuk menciptakan situasi yang kondusif diantaranya adalah melakukan mapping pemetaan daerah-daerah tingkat kerawanan saat pemilu nantinya,” kata Kapolda Sulsel Irjen Setyo Boedi Moempoeni Harso dikutip dari akun Instagram resmi Polda Sulsel, Jumat, 8 September 2023. 

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross