Jimi Hendrix (foto:showbizcheatsheet)

Sejarah Hari Ini, 18 September: Wafatnya Dewa Gitar Jimi Hendrix

Publish by Redaksi on 18 September 2023

NEWS, IDenesia.id - Jimi Hendrix lahir pada tanggal 27 November 1942 di Seattle, Washington, Amerika Serikat dengan nama John Allen Hendrix. Pria yang lantas mengganti nama menjadi James Marshall Hendrix ini meninggal pada 18 September 1970 di London, Inggris.

Ayahnya, Al sudah melihat minat besar Jimi pada gitar sejak kecil. "Saya dulu meminta Jimi membersihkan kamar setiap hari, dan ketika saya pulang, saya menemukan banyak tali sapu berserakan di sekitar kaki tempat tidur... Kemudian saya tahu dia duduk di ujung tempat tidur dan memetik sapu seolah dia sedang bermain gitar," kata Al dikutip situs jimihendrix.com. Melihat anaknya "halu" bermain gitar dengan sapu, ia akhirnya memberikan ukulele.

Dilansir dari voi.id, Jimi Hendrix adalah gitaris rock Amerika yang kerap dijuluki 'Raja Rock'. Ia juga merupakan seorang penyanyi yang menggabungkan aliran blues, jazz, rock, funk, dan soul. Jimi memelopori penggunaan gitar listrik khususnya dalam genre blues rock. Konon namanya melegenda karena memainkan rock blues dengan efek distorsi khusus dari gitar listrik yang ia mainkan.

Jimi yang bermain gitar kidal berhasil menciptakan gayanya dengan menggabungkan suara fuzz, feedback, dan distorsi yang menciptakan warna musik baru. Gaya musiknya memengaruhi sejumlah musisi modern seperti George Clinton, Miles Davis, Steve Vai, sampai John Mayer.

Selain kepiawaiannya dalam memainkan gitar, Jimi adalah gitaris yang terkenal dengan aksi panggungnya. Memainkan gitar dari belakang punggung, di bawah kakinya, dan yang paling fenomenal yakni aksi menghancurkan dan membakar gitar di panggung.

Kehebatannya dalam bermusik, khususnya memainkan gitar, membuat ia menjadi kiblat musik rock. Rock and Roll Hall of Fame menyebut Jimi adalah "instrumentalis terbaik dalam sejarah musik rock."

Jimi Hendrix meninggal pada 18 September 1970. Kematiannya pada umur yang masih terbilang muda yakni 27 orang mengejutkan banyak orang. Hasil pemeriksaan pasca-kematian menemukan jika Hendrix meninggal dunia karena tersedak dan sulit bernapas setelah mengonsumsi obat tidur dalam dosis tinggi.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross