Kantor Polrestabes Makassar. (Foto: Twitter Polrestabes Makassar).

Tak Sulit Kok! Simak Cara Mengurus SKCK di Makassar

Publish by Redaksi on 20 September 2023

NEWS, IDenesia.id - SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian, adalah dokumen yang dikeluarkan oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang berisi informasi tentang catatan atau rekam jejak kriminal seseorang. SKCK adalah dokumen yang penting dalam berbagai proses administratif dan persyaratan. 

Biasanya SKCK ini genting dipergunakan saat seseorang hendak melamar pekerjaan, mengurus visa, perizinan, atau keperluan lain yang memerlukan verifikasi apakah pernah terlibat masalah hukum atau tidak. Untuk mendapatkan SKCK, biasanya harus mengajukan permohonan ke kantor polisi setempat. 

Nah ternyata, kepengurusan SKCK ini tak serumit yang dibayangkan loh. Cukup mudah kok. Polrestabes Makassar melalui akun Instagramnya menerangkan syarat dan proses yang cukup sederhana bagaimana seseorang bisa mendapatkan SKCK. Yang jelas, dokumen yang dibutuhkan mesti lengkap. 

Seperti surat pengantar dari kantor kelurahan sesuai dengan domisili pemohon. Kemudian menyertakan pas foto ukuran 4X6 berlatar merah sejumlah 6 lembar. Berikutnya, fotokopi 1 lembar KTP, Kartu Keluarga serta Akta Kelahiran. Kemudian barulah kepolisian mengambil sidik jari pemohon. 

“Untuk Sobat Polri yang akan membuat permohonan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) pastikan kamu datang di waktu yang telah ditentukan yaa. Oh iya, jam pelayanan berlaku di seluruh jajaran kantor Kepolisian. Pelayanan Polri Presisi #MaksimalMelayaniIndonesia,” tulis akun Polrestabes Makassar yang dikutip, Rabu, 20 September 2023.

Yang perlu diingat juga bahwa, pengurusan SKCK memerlukan sedikit biaya. “Tarif penerbitan SKCK merupakan salah satu jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku di Indonesia. Pada dasarnya, besaran tarif penerbitan SKCK diatur dalam Lampiran PP 76/2020 yaitu sebesar Rp30.000,” lanjut Polrestabes Makassar. 

Perlu diingat bahwa SKCK adalah dokumen yang sangat penting dalam banyak proses administratif, dan memiliki catatan kriminal dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk memenuhi berbagai persyaratan dan tujuan tertentu. Oleh karena itu, menjaga catatan kriminal yang bersih adalah hal yang penting. Mudah kan.

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross