Ilustrasi cuaca cerah. (Foto: IDenesia.id).

Ini Kesulitan untuk Memodifikasi Cuaca Kondisi Kekeringan Ekstrem di Makassar

Publish by Redaksi on 20 September 2023

NEWS, IDenesia.id - Kekeringan parah imbas dari fenomena El Nino kian meluas di Kota Makassar. BPBD awalnya melaporkan hanya lima kecamatan yang terdampak, namun seiring dengan kondisi yang terus memburuk, kekeringan ekstrem kini melanda delapan kecamatan.

Kecamatan mencakup, Tallo, Ujung Tanah, Panakkukang, Tamalanrea, Biringkanaya dan yang terbaru adalah, Bontoala, Makassar dan Manggala. Kepala BPBD Makassar, Hendra Hakamuddin mengatakan, meski sumber air baku dari PDAM masih tersedia di beberapa lokasi, namun kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kota Makassar tidak tercukupi.

"Masalah intinya adalah distribusi air bersih di beberapa tempat," kata Hendra Hakamuddin kepada IDenesia.id, saat dikonfirmasi, Rabu, 20 September 2023.

Hendra mengatakan, salah satu solusi yang sempat dipertimbangkan yakni penerapan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), melihat teknologi tersebut sempat dilakukan pada musim kemarau tahun lalu. Hanya saja metode ini belum dapat diterapkan di Kota Makassar.

Khususnya di musim kering seperti yang terjadi saat ini. "Pertanyaan sekarang apakah TMC bisa dilakukan di Kota Makassar, jawabannya tidak serta merta teknik ini bisa kita pakai semudah itu,” tegas Hendra.

TMC sendiri merupakan teknologi yang bekerja dengan cara menyemai awan untuk memicu turunnya hujan. Namun, kondisi di Makassar saat ini, yang dipengaruhi oleh fenomena El Nino, menyebabkan kelembaban udara terlalu rendah. Akibatnya, awan yang dibutuhkan untuk proses TMC belum terbentuk.

“Kondisi di Kota Makassar sekarang awan yang membawa debit hujan itu belum terbentuk. Itu saking berpengaruhnya dampak El Nino, kelembaban terlalu rendah sehingga awan yang membawa debit hujan itu belum terbentuk sehingga belum bisa dilakukan TMC,” terangnya.

Kendati demikian, dirinya menegaskan metode tersebut bisa dilakukan saat mendekati musim penghujan. Lantaran awan yang menjadi sumber hujan kemungkinan muncul.

“Kemungkinan kalau memang sudah mendekati musim penghujan karena sudah mulai di kita memasuki mungkin itu sudah bisa dilakukan, karena di beberapa daerah kan sudah mulai turun hujan meskipun tidak deras,” pungkasnya.

Penulis: Alfiandis

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross