Ilustrasi, petugas PLN memperbaiki gangguan listrik. (Foto: PLN Persero).

PLN Padamkan Lagi Listrik Sebagian Besar Wilayah di Sulsel, Ini Sumber Masalahnya

Publish by Redaksi on 21 September 2023

NEWS, IDenesia.id - Pihak PLN kembali akan memadamkan listrik hampir sebagian besar daerah di Sulawesi Selatan. Pemadaman yang diagendakan mulai hari ini, Kamis, 21 September 2023 akan digilir di setiap wilayah di daerah-daerah. Termasuk Kota Makassar. Pemadaman ini bukan pertama kalinya. 

Sejak pekan lalu, PLN kembali memadamkan listrik hampir semua wilayah di Sulsel. PLN berdalih pemadaman ini merupakan bagian dari upaya mitigasi dampak dari kemarau berkepanjangan. Kemarau dipicu El Nino, mengakibatkan debit air berkurang di beberapa Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH). 

“Dampak kemarau yang cukup panjang diprediksi akan berimplikasi pada pola pengoperasian pasokan listrik di sistem kelistrikan Sulbagsel (Sulsel Bagian Selatan) pada akhir September 2023,” kata GM PLN UID Sulselrabar, Moch Andy Adchaminoerdin, dalam siaran pers yang diterima jurnalis sejak Rabu, 20 September 2023, malam. 

Andy menjelaskan, komposisi pembangkit listrik berbasis Energi Baru Terbarukan (EBT) yang memasok listrik dari sistem kelistrikan Sulbagsel cukup besar. Untuk memaksimalkan proses pengoperasian PLTA, pihaknya berupaya untuk memodifikasi cuaca untuk menghasilkan hujan buatan. “Kami berkomitmen akan terus berupaya untuk menghadirkan pasokan listrik yang prima kepada pelanggan,” ucapnya. 

Upaya memodifikasi cuaca menurutnya untuk membantu proses pengoperasian pembangkit listrik agar bisa difungsikan dengan maksimal kembali. “Salah satunya dengan pemeliharaan infrastruktur terjadwal dan penetrasi modifikasi cuaca untuk meningkatkan debit air di beberapa pembangkit energi,” ungkap Andy. 

Andy berkomitmen dan memastikan bahwa PLN, akan terus meminimalisir terjadinya manajemen beban dengan percepatan dan pekerjaan di lapangan. Dan juga mereka akan terus berkoordinasi dengan stakeholder atau otoritas terkait dalam penanganannya.

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross